<![CDATA[KONSULTAN BELAJAR DAN BEKERJA DI JEPANG - Arubaito / Kerja Paruh Waktu]]>Tue, 28 Jun 2022 08:32:36 +0700Weebly<![CDATA[Arubaito / Kerja Paruh Waktu]]>Mon, 22 Oct 2018 05:17:31 GMThttp://kuliahdijepang.net/arubaito/arubaito-kerja-paruh-waktuArubaito adalah kata Bahasa Jepang yang secara harfiah berarti kerja paruh waktu. Tetapi Arubaito pada prakteknya terutama untuk siswa dari Asia Tenggara berarti "Study and Survive". Biaya hidup dan biaya sekolah dapat dibayar dengan gaji dari arubaito atau part time job. Biaya hidup di Jepang jauh lebih mahal dari pada di Indonesia. Agar bisa mandiri, kita harus bisa irit dan masak sendiri serta melakukan arubaito untuk mencukupi kebutuhan biaya kita. Biaya hidup dan biaya sekolah dapat dibayarkan dari penghasilan arubaito atau part time job (jika kita bisa mengatur keuangan dengan baik). Untuk pelajar asing dibutuhkan Izin Arubaito untuk bisa arubaito / kerja paruh waktu di Jepang

Berapa Gaji dari Arubaito?

Gaji arubaito tentunya jauh lebih baik di kota besar seperti Tokyo, Osaka, atau Nagoya, dan lebih kecil di daerah Kyusyuu, Shikoku, atau Hokkaido. Di Osaka misalnya, kamu bisa mendapatkan 800-1000 yen (sekitar 100 ribu) per jamnya. Dan pelajar asing diperbolehkan bekerja selama 4 jam per hari atau kira-kira 120 jam per bulannya.  Jika siswa kerja dalam waktu maksimal, maka:
Gaji bulanan 130 (kurs yen 2018) x 850 = 102,000 yen atau Rp. 13.260.000
Picture
Survey atas kehidupan yang sebenarnya oleh maha siswa asing berbiaya sendiri tahun2015, JASSO
Dengan perhitungan gaji minimal per jam saja sudah mencukupi biaya sekolah dan biaya hidup, kan? Perhitungan di atas hanya jika siswa mau kerja secara maksimal dalam satu pekerjaan. Siswa juga bisa mencari pekerjaan lain (menjadi 2 pekerjaan dalam 1 hari) jika dirasa pendapatan belum mencukupi kebutuhan. Tetapi tugas sebagai siswa harus tetap dijalankan.

Bukan hanya itu saja, melalui arubaito kita bukan hanya mencari uang. Bagi siswa asing, arubaito adalah proses belajar yang paling signifikan. Bisa kita bilang "Belajar dengan Praktek Langsung". Kita juga akan banyak belajar bagaimana sikap orang Jepang seperti rajin dan pekerja keras. Membangun relasi dan mendapatkan banyak teman orang Jepang. Dan yang paling berguna dengan pengalaman arubaito di Jepang adalah kamu bisa lebih mudah untuk mencari kerja di Jepang.

Jenis-jenis Arubaito

Ada beberapa jenis untuk arubaito di Jepang,​
~ ​Convinience Store
Gaji : 800~950 yen/jam
Bekerja sebagai kasir atau pelayan.
Keistimewaannya, karena dibuka 24 jam maka kamu bisa bekerja sesuai dengan waktu yang kamu inginkan.
~ Restoran / Kafe
Gaji : 900~1000 yen/jam
Kalau kemampuan bahasa Jepang kamu telah tinggi, bekerja sebagai pelayan. Jika masih belum tinggi, bekerja di dapur.
Kelebihannya arubaito di restoran atau kafe yaitu kamu bisa mendapatkan makanan gratis untuk pekerja.
~ Guru Bahasa
Gaji: 1500~3000 yen/jam
Mengajar bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
Gaji per jamnya besar tapi jam kerja nya sedikit.
Wujudkan impian untuk melanjutkan sekolah/kuliah di Jepang bersama kami, segera hubungi kami untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut!
Header image @pakutaso
]]>