<![CDATA[KONSULTAN BELAJAR DAN BEKERJA DI JEPANG - blog panduan]]>Thu, 27 Aug 2020 03:05:28 +0700Weebly<![CDATA[Membeli Handphone]]>Sat, 06 Oct 2018 05:21:12 GMThttps://kuliahdijepang.net/blog-panduan/membeli-handphoneKalau kamu berencana untuk tinggal di Jepang lebih dari beberapa bulan, ada 3 pilihan untuk menggunakan handphone di Jepang, yaitu membeli handphone dengan sistem kontrak dari perusahaan handphone Jepang, membeli handphone pra-bayar, atau menggunakan rental handphone. Semua pilihan tersebut tergantung pada status dan berapa lama kamu akan tinggal di Jepang.
1. Kontrak Phone
Apabila kamu berencana untuk tinggal lebih dari 1 tahun, atau memiliki relasi orang Jepang yang dapat menandatangani kontrak atas nama kamu, menggunakan handphone dengan sistem kontrak ini adalah cara yang paling murah dalam menggunakan handphone. Karena kita akan mendapatkan hp secara gratis tanpa harus membayar uang muka terlebih dahulu. Dengan salah satu syaratnya yaitu harus terikat kontrak minimal 2 tahun. Apabila menyudahi kontrak sebelum masa yang telah ditentukan maka akan didenda sebesar 10.000 yen.
Tetapi proses pengikatan kontrak ini akan menjadi lebih sulit apabila kamu menandatangani kontrak atas nama kamu sendiri dan hanya berencana tinggal di Jepang kurang dari 1 tahun. Besar kemungkinan perusahaan handphone tidak bisa menerima permintaan kamu tersebut.
Picture
NTT Docomo
Picture
au by KDDI
Picture
Soft Bank
2. Handphone Pra-Bayar
Handphone prabayar tersedia di Softbank atau AU (keduanya adalah merek perusahaan provider handphone). Setelah registrasi sim card, kamu dapat menggunakan kartu kredit untuk mengisi ulang secara online, atau membeli kartu pra-bayar.

Contoh (provider Softbank Pra-bayar)

Smartphone pra bayar (tipe Lumix phone)
  • ​Biaya awal 19.425 yen (termasuk biaya 10.000 yen)
  • Biaya Bulanan - paket bulanan : 7.350 yen
  • Dapat menggunakan spot wi-fi Softbank secara gratis
         
3. Rental Phone
Ada beberapa toko rental phone di Jepang dan biaya tiap suplier berbeda-beda. Biaya dibawah ini hanya contoh saja.

contoh : 
  • Biaya awal 0 yen
  • Biaya bulanan - Biaya dasar 0 yen 
                                     - Paket bulanan 4.200 yen
  • Harus digunakan selama 6 bulan atau lebih
]]>
<![CDATA[Membuat Rekening Bank]]>Sat, 06 Oct 2018 04:53:33 GMThttps://kuliahdijepang.net/blog-panduan/membuat-rekening-bank1. Dokumen yang dibutuhkan (pada umumnya)
  • Kartu Tanda Penduduk (Zairyu Card), atau Kartu Asuransi Kesehatan Nasional
  • Passport
  • Tagihan Listrik, gas atau yang lainnya (nama dan alamat kamu tercetak)
  •  Cap (Stempel)
2. Pemilihan Bank 
 
  Pilihlah bank yang sesuai dengan tujuan kamu. Apabila kamu akan menggunakan rekening bank tersebut untuk menerima gaji, akan lebih baik jika kamu memilih bank yang memiliki kantor cabang dekat dengan tempat kamu tinggal. Kalau kamu berencana untuk melakukan perjalanan wilayah Jepang, pilihlah bank yang tersedia di seluruh wilayah seperti Mizuho Bank, Mitsui Sumitomo Bank, dan Mitsubishi Tokyo UFJ BAnk. Selain itu, kamu juga bisa membuat rekening bank di kantor pos.

3. Membuat Rekening
    Bawalah semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan ke bank yang kamu pilih. Prosedur pembuatan akan lebih mudah apabila kamu ditemani oleh orang Jepang. Biasanya, cash card akan dikirim kepada kamu dalam beberapa hari.

Bank-bank besar di Jepang

]]>