<![CDATA[KONSULTAN BELAJAR DAN BEKERJA DI JEPANG - INFORMATION BLOG]]>Thu, 26 Aug 2021 15:22:02 +0700Weebly<![CDATA[Mata Uang Negara Jepang]]>Wed, 07 Nov 2018 03:42:01 GMThttps://kuliahdijepang.net/negara-jepang-dan-aneka-kebudayaannya/mata-uang-negara-jepang
Picture
www.pixabay.com
Mata uang negara Jepang adalah Yen. Dengan ¥ sebagai simbolnya atau dalam bahasa Jepang diucapkan en ().

Pemerintah Jepang menetapkan mata uang Yen sejak 
27 Juni 1871 berdasarkan Shinka jōrei (peraturan pemerintahan tentang mata uang baru). Sebagai lambang digunakan tanda ¥ dan menurut ISO 4217 dilambangkan sebagai JPY. Bila ditulis dengan romaji menjadi Yen dan bukan En. Ada beberapa penjelasan tentang asal usul penggunaan aksara kanji en (, lingkaran) untuk menulis lambang mata uang Jepang. Salah satunya adalah tradisi orang Jepang melambangkan uang dengan lingkaran yang dibentuk dari jari telunjuk dan ibu jari. Ōkuma Shigenobu mengatakan semua orang Jepang pasti tahu bahwa aksara kanji untuk "lingkaran" berarti uang. Penjelasan lain mengatakan uang logam bentuknya bundar, sehingga aksara kanji untuk lingkaran digunakan untuk menyebut uang. 
Picture
Orang Jepang mengisyaratkan uang dengan melingkarkan ibu jari dan telunjuk seperti isyarat "oke" namun dengan telapak tangan keatas seperti meminta
Seperti negara lain, pemerintah Jepang juga mengeluarkan yen dalam bentuk koin dan kertas. Namun tidak seperti di Indonesia yang terdapat banyak pecahan mata uang rupiah dengan nominal besar pula, diantaranya pecahan nominal 100, 200, 500, 1000, 2000, 5000, 10.000, 20.000, 50.000, dan 100.000 (sebenarnya ada pecahan uang 50 rupiah tapi entah masih beredar dan bisa dipergunakan atau tidak, namun pecahan ini jarang sekali dijumpai), di Jepang uang dengan pecahan 1 yen pun masih dipergunakan. Uang koin Jepang ada 6 pecahan nominal yaitu 1, 5, 10, 50 100, dan 500 yen, sedangkan uang kertas yang di gunakan pun hanya ada 3 pecahan nominal saja, yaitu 1,000, 5,000, dan 10,000 yen. 
Dengan adanya uang dengan pecahan paling kecil yaitu 1 yen, Jepang seakan sangat menghargai uang. Misalkan ada barang dengan harga 299 yen maka kita bisa membayar dengan uang pas, kalaupun tidak ada uang pecahan kecil dan membayar dengan 300 yen maka kita akan dapat kembalian 1 yen. Di Indonesia juga ada, banyak mini market, swalayan, toserba ataupun mall yang menjual barang dengan yang tidak bisa di dibayar dengan uang pas. Pernah menjumpai dan tidak bisa membayar dengan uang pas karena tidak ada uang dengan pecahan nominal tersebut?:D Di Jepang, berapapun nominal harga barang, kita bisa membayarnya dengan uang pas. 

Berikut uang kertas Jepang:
Picture
1,000 yen, (Right side of note) Hideyo Noguchi and his amazing hair.
Picture
5,000 yen, (R) Higuchi Ichiyo, who would probably have gotten on pretty well with Jane Austen
Picture
10,000 yen, (R) Yukichi Fukuzawa, a one-man cultural resource
Picture
1,000 yen, (Left side of note) Mt Fuji, Lake Motosu and cherry blossoms, by Koyo Okada
Picture
5,000 yen, (L) Ogata Korin’s irises
Picture
10,000 yen, (L) The ho-o bird, or Japanese phoenix
Sebenarnya ada juga uang kertas dengan pecahan nominal 2,000 yen namun uang ini jarang ditemukan.
Picture
2,000 yen, The Tale of Genji (L) and Lady Murasaki (R)
Picture
2,000 yen, The Shureimon of Shuri Castle, Okinawa
Uang pecahan 2,000 yen adalah uang edisi khusus yang diterbitkan pada tahun 2000 untuk memperingati KTT G8 ke-26, yang diadakan di Okinawa. Bagian depan menunjukkan Shureimon, gerbang besar Kastil Shuri di Naha, Okinawa. Kebalikannya menunjukkan adegan dari Tale of Genji, yang pasti novel Jepang pertama dan mungkin salah satu novel pertama di seluruh dunia dimana novel tersebut sudah menjadi bacaan untuk hampir semua orang Jepang sejak abad ke-12. Karena uang ini merupakan edisi khusus, maka keberadaan uang ini menjadi sangat jarang karena sudah tidak di cetak lagi namun uang ini masih bisa dipergunakan untuk transaksi, hanya saja uang ini tidak bisa digunakan untuk membeli barang di mesin penjual otomatis atau jidouhanbaiki. Jika mempunyai uang ini dan dipergunakan untuk membeli barang di mesin penjual otomatis maka uang ini akan keluar lagi atau di tolak oleh mesin tersebut.

Orang-orang Jepang sangat menghargai uang. Berbeda dengan di Indonesia dimana kita sering menjumpai rupiah kertas dengan kondisi kusut/kucel, terdapat tulisan dengan bolpoin, bahkan sampai di isolatip karena sobek,  yang masih bisa di pakai untuk transaksi. Di Jepang, keberadaan uang sangat di hati-hati dan menyimpannya dengan baik agar uang tidak kusut/keriting/kucel karena uang dengan kondisi kusut akan sangat susah di pergunakan, jarang mini market yang mau menerima uang dengan kondisi tersebut. Selain itu, mesin penjual otomatis juga akan menolak pembayaran dengan uang kusut, mungkin bukan menolak melainkan uang kusut akan susah di tarik oleh alat penarik uang mesin tersebut.
PictureSalah satu cara agar uang tidak kusut, gettyimages.com
Selain itu orang-orang Jepang juga jujur terhadap uang. Entah untuk kasus korupsi tapi kebanyakan orang Jepang yang menemukan dompet berisi uang sebanyak apapun, maka mereka akan melaporkannya ke kantor polisi untuk kemudian dikembalikan ke alamat pemilik dompet tersebut. Pernah teman admin di Jepang kehilangan dompet berisi uang yang jika dirupiahkan sekitar 20 juta, sehari kemudian dompetnya dikembalikan dengan kondisi uang utuh.  Orang Jepang yang bekerja sebagai kasir mini market juga akan memberikan uang kembalian belanja sekecil apapun bahkan jika pembeli lupa atau mengikhlaskan kembalian yang mungkin menurut pembeli tak seberapa, kasir akan tetap memberikan kembalian meskipun pembeli sudah keluar dari mini market sekecil apapun kembalian itu. 

Itulah sekilas tentang mata uang Jepang. Jika kamu ingin melanjutkan studi di Jepang dan merasakan langsung bertransaksi  dengan Yen, segera hubungi kami


reference: https://japancheapo.com/living/japanese-money/
https://id.wikipedia.org/wiki/Yen
image japancheapo.com

]]>
<![CDATA[Agama dan Pendidikan di Jepang]]>Tue, 30 Oct 2018 03:09:02 GMThttps://kuliahdijepang.net/negara-jepang-dan-aneka-kebudayaannya/agama-dan-pendidikan-di-jepang Picturegadis yang sedang berdoa di kuil
  • AGAMA
​​Sangat sedikit orang Jepang yang memiliki agama, di sekolah pun tidak ada pelajaran agama. Hari libur yang berhubungan dengan agama pun tidak ada. Orang Jepang berpikir bahwa agama dan Tuhan adalah hal yang berbeda.  Dalam kehidupan orang Jepang banyak dipengaruhi agama Budha. Namun bukan berarti mereka menganut agama Budha. Orang Jepang seringnya menikah di gereja, berdoa di kuil atau menaruh altar Shinto atau altar Budha di rumah dan berdoa tiap malam dan pagi. Pada dasarnya kebanyakan orang Jepang adalah penganut system kepercayaan seperti Shinto. Lambang Shinto adalah matahari. Shinto adalah sebuah kepercayaan yang dipeluk mayoritas penduduk di Jepang. Kepercayaan ini telah ada di Jepang sejak ribuan tahun yang lalu dan menjadi satu dengan budaya. Berbeda dengan agama lain seperti Islam dan Kristen yang memiliki kitab suci dan Tuhan yang harus di sembah. Kepercayaan ini hanya mengajarkan manusia untuk lebih menyatu dengan dunia, dengan alam, dan selalu mengingat masa lalu. Itulah mengapa di Jepang sering sekali ada ritual yang unik hingga kadang sangat aneh. Kepercayaan ini tidak mengikat hingga pemeluknya bebas memiliki agama lain walau tetap melakukan ritual ke-Shinto-an. Hal ini mengakibatkan mengapa banyak warga Jepang juga merayakan Natal meski mereka sebenarnya seorang pemeluk Shinto.

Picturebelajar sejak masih anak-anak
  • SISTEM PENDIDIKAN JEPANG
Sistem pendidikan Jepang sama dengan Indonesia yaitu 6 – 3 – 3. 99,99% orang Jepang sekolah dan 99% lulus SMA. SD masuk saat sudah berumur 7 tahun pada tanggal 1 April, dan anak yang belum berusia 7 tahun tidak bias masuk SD. Semua sekolah di Jepang masuk pada bulan April, lulus pada bulan Maret. Karena SD, SMP adalah pendidikan wajib maka pemerintah menggratiskan biaya nya. Di sekolah Jepang ada kebiasaan unik yaitu Kyushoku, yaitu makan siang di kelas bersama guru dan teman-teman. Ada bermacam- macam makanan seperti nasi, mie, susu, dan buah. Makanan disiapkan dan dirapihkan sendiri. Tidak boleh membawa makanan atau minuman. Orang Jepang dari SD sudah belajar mandiri. Apapun dikerjakan sendiri termasuk bersih-bersih yang sudah dilakukan sendiri sejak SD.
    Tidak ada kebiasaan orang tua mengantar sekolah atau menjemput anaknya, meskipunjauh pergi sekolah dan pulang harus sendiri. Tetapi TK ada yang antar-jemput. Di Jepang karena dari SD sudah pergi kursus, maka waktu bermain anak-anak Jepang tidak banyak. Ada Yobiko, yaitu kursus persiapan masuk universitas untuk bias masuk ke universitas yang bagus. 90% orang Jepang melanjutkan ke universitas. Ada sekolah negeri dan swasta.

featured images @pakutaso
]]>
<![CDATA[Transportasi di Jepang]]>Mon, 29 Oct 2018 08:28:51 GMThttps://kuliahdijepang.net/negara-jepang-dan-aneka-kebudayaannya/transportasi-di-jepang
Jepang yang merupakan negara dengan teknologi yang sangat maju malah sangat jarang ditemui kendaraan mewah milik pribadi di sana. Jepang yang juga notabene merupakan negara asal industri-industri motor yang berada di Indonesia bahkan berbanding terbalik dengan di Indonesia dalam hal penggunanya. Di Jepang pengguna motor sangatlah jarang ditemui, alasannya karena di Jepang sangatlah sulit untuk memiliki lisensi atau surat izin mengemudi dan biaya yang dikeluarkan juga mahal. Selain kepengurusan SIM yang sulit dan mahal, penggunaan kendaraan pribadi juga harus mengeluarkan biaya tambahan seperti untuk biaya parkir (sulit juga mencari area parkir), biaya pajak kendaraan, perpanjangan SIM, dan biaya lain-lain. Oleh karena itu, orang-orang lebih memilih menaiki transportasi umum dibanding mempunyai kendaraan pribadi.  Kendaraan pribadi yang sering dijumpai hanya sepeda. 
Picture
1. Kereta
Kereta merupakan transportasi yang paling umum di Jepang, khususnya du urban area dimana banyak terdapat stasiun di seluruh kota. Perusahaan public JR dan beberapa perusahaan swasta mengatur kereta-kereta tersebut. Biasanya harga tiket ±120 – 150 yen dan akan lebih mahal kalau lebih jauh, tergantung dari jarak kereta yang kita ambil. Kalau tujuan tidak di rute yang sama, maka harus pindah di rute di stasiun terhubung.
Shinkansen merupakan kereta listrik tercepat di dunia dimana mampu melaju dengan kecepatan 300km/jam, dan dilengkapi dengan system pendeteksi yang akan menghentikan kereta bila ada gempa bumi. Kereta ini menghubungkan kota Tokyo dengan Osaka hanya dengan waktu 3 jam. Selain shinkansen, Jepang juga mempunyai jaringan kereta reguler kereta bawah tanah ( Chikatetsu ), layanan ini digunakan untun pulang pergi kerja dan sekolah. Jadwal kereta ada di setiap stasiun, dan keterlambatan kereta hanya jika terjadi gempa, angin taufan, dan hujan deras. Tiket dapat dibeli di mesin penjual tiket atau bisa membuat IC Card (Integrated Circuit Card). Sangat praktis untuk membeli dan mengisi ulang IC Card. IC card tidak hanya digunakan untuk naik kereta. Anda juga dapat menggunakannya di minimarket dan beberapa pusat perbelanjaan untuk membeli barang-barang. Hal ini sangatlah praktis jika Anda hanya ingin membeli kopi atau ingin membeli sesuatu tanpa membuka dompet Anda untuk melakukan pembayaran. Anda juga dapat menggunakan IC card secara mudah untuk naik bis kota.

Picture
2. Bus
Bus juga merupakan transportasi umum di Jepang, khususnya ketika tidak ada stastiun kereta terdekat. Harga untuk naik bus biasanya sekitar 120-500 yen, tergantung dari jarak yang diambil.
Bus di Jepang tidak ada kondektur, bis hanya berhenti di halte dengan jadwal yang telah ditentukan yang terdapat di setiap halte. Pembayarannya adalah dengan cara kita memasukkan uang yang jumlahnya sesuai tarif tempat yang dituju di mesin dekat pengemudi. Selain itu ada sistem saat kita mengambil tiket pada waktu masuk bus, disitu tertulis angka yang menunjukan tempat dimana kita naik, dan ketika akan turun kita hanya perlu memencet tombol pemberitahuan ke driver agar berhenti di stasiun berikutnya, dan dibagian depan bus ada papan yang menunjukan tarif yang harus kita bayar.

Picture
3. Sepeda
Sepeda merupakan transportasi paling umum di Jepang. Karena jalanan di Jepang suah tertata sangat baik, stabil, dan tidak tertutupi oleh pedagan kaki lima, sehinggan akan sangat nyaman untuk bersepeda. Tolong diperhatikan bahwa di urban area tidak boleh memarkirkan sepeda di tempat-tempat umum karena polisi mungkin akan mengambil sepeda itu dan kamu harus membayar 2.000 – 3000 yen untuk mengambilnya.
Harga sepeda standar biasanya sekitar 10.000 yen keatas. Apabila kamu tinggal di Jepang dalam jangka waktu yang cukup lama, kamu mungkin akan memikirkan untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi dikarenakan biaya transportasi akan jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan kendaraan lainnya.

featured images @pakutaso

]]>
<![CDATA[Makanan Khas Jepang]]>Mon, 29 Oct 2018 07:10:57 GMThttps://kuliahdijepang.net/negara-jepang-dan-aneka-kebudayaannya/makanan-khas-jepang
Makanan ala Jepang adalah masakan yang lahir di Jepang dan dimakan sejak dulu. Orang Jepang dulu tidak makan daging, hanya makan ikan dan sayur. Orang Jepang memakan daging pertama kali di akhir tahun 1880. Hal yang penting dalam masakan Jepang adalah nuansa musim, piring (yang digunakan berbeda-beda tergantung pada musim dan jenis makanan), penampilan (saat disajikan terlihat cantik), dan bahan (tentunya yang masih segar).
Picture
Sushi         
Sushi adalah nasi yang diberi cuka kemudian dikepal kecil dan diatasnya diberi irisan tipis ikan segar. Dimakan menggunakan shoyu (kecap asin) dan wasabi (sambal khas Jepang). Orang Jepang makan menggunakan sumpit, tetapi ada juga yang makan sushi dengan tangan.

Picture
Sashimi     
Irisan tipis ikan (tuna, cumi-cumi,mackerel) mentah, dimakan dengan bumbu jepang dan kecap asin, shoyu.

Picture
Sukiyaki    
Irisan tipis daging sapi, sayur-sayuran, dan tahu di dalam panci besi yang dimasak di atas meja makan dengan cara direbus. Sukiyaki dimakan dengan mencelup irisan daging ke dalam kocokan telur ayam.

Picture
Tempura    
Ikan, cumi-cumi, udang atau sayur yang digoreng menggunakan tepung.

Picture
Soba           
Salah satu jenis mi Jepang yang dibuat dari tepung gandum kuda. Dalam bahasa Jepang, tumbuhan serealia gandum kuda juga disebut "soba". Selain itu, istilah "soba" juga bisa berarti mi telur asal Cina yang dimasak menjadi yakisoba atau ramen.

Picture
Onigiri                  
Nasi kepal yang berbentuk segitiga dan terkadang didalamnya diisi lauk kecil seperti ayam, umeboshi, tuna,dll serta dibalut rumput laut kering di satu sisinya.

Picture
Kare             
Kare Jepang sedikit berbeda dengan kare Indonesia dan India. Hidangan ini biasanya disajikan dalam tiga bentuk utama: nasi kari, karē udon (semacam mi tebal), dan karē-pan. Nasi kari Jepang biasanya secara sederhana disebut kare. Karena kare adalah masakan yang cepat, murah dan enak maka sebagian besar orang Jepang menyukainya baik anak-anak maupun dewasa.

Tentunya masih banyak makanan khas Jepang. Di atas hanya beberapa contoh makanan khas Jepang yang terkenal dan mudah dijumpai di Jepang.

Head images @pakutaso

]]>
<![CDATA[Kebiasaan dan Adat Orang Jepang]]>Mon, 29 Oct 2018 06:34:05 GMThttps://kuliahdijepang.net/negara-jepang-dan-aneka-kebudayaannya/kebiasaan-dan-adat-orang-jepang
Dewasa ini, orang-orang cenderung kehilangan rasa sopan santun dan baik. Sangat sedikit menemukan orang santun dan baik. Perkembangan jaman kadang menggerus rasa santun dari sebagian orang. Mereka lupa bagaimana caranya bersikap santun terhadap sesama. 
Namun tidak di negara Jepang. Jepang yang merupakan salah satu negara maju dan sukses di dunia seperti kita tahu negara ini mempunyai adat dan budaya yang kental yang bahkan tidak pernah mereka tinggalkan. Perubahan zaman tidak menggerus budaya mereka. Begitu juga dengan kebiasaan orang-orang Jepang dalam bersikap. Mereka sangat menghormati dan sangat sopan terhadap sesama, bahkan terhadap orang asing sekalipun. Orang Jepang juga sudah dididik disiplin tinggi sejak masih kecil, tak heran jika Jepang menjadi negara yang berkembang pesat dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi.

Berikut beberapa kebiasaan-kebiasaan dan adat orang Jepang,

  1. Orang Jepang sangat menjaga salam dan tata krama. Orang Jepang sering dikatakan dimulai dengan salam dan diakhiri dengan salam. Salam orang Jepang disertai dengan menundukkan kepala.
  2. Saat menerima sesuatu dari orang lain, atau saat diteraktir makan, orang Jepang pasti mengucapkan "ありがとうございます。   , ごちそうさまでした。      ", dan saat bertemu kembali pada hari berikutnya pun sekali lagi mengucapkan terimakasih . Ini adalah budaya yang sangat penting.
  3. Di Jepang tidak ada gotong royong. Apapun dilakukan sendiri. Orang Jepang bukan egois tapi individual. Karena itu tidak baik bertanya pada orang Jepang "mau pergi kemana","dari mana","beli apa","apakah sudah menikah","apakah punya pacar".
  4. Sejak dari bayi dibiasakan makan didepan meja, dan supaya bias memegang sendok sendiri meskipun makan banyak waktu, meskipun kotor harus latihan makan sendiri.
  5. Orang Jepang saat berusia 20 tahun maka melakukan Seijinshiki, yaitu upacara tahunan yang diadakan pemerintah lokal kota dan desa di Jepang yang mengundang penduduk yang telah mencapai usia 20 tahun untuk merayakan usia yang telah dianggap cukup umur menurut hukum. Saat sudah berumur 20 tahun, masuk dunia orang dewasa, boleh merokok dan minum sake, serta memiliki hak pilih.
  6. Karena orang Jepang sangat menghargai waktu, kereta dan bis pun datang tepat pada waktunya. Di perusahaan pun datang 15-30 menit sebelum pekerjaan dimulai.
  7. Upacara pernikahan di Jepang menggunakan undangan. Hanya orang yang menerima undangan yang bias pergi ke pernikahan. Dan jika menerima undangan, harus mengirim balasan yang bertuliskan datang atau tidak datang. Orang yang menerima undangan tidak bias pergi dengan teman atau pun pacar.
  8. Saat pergi ke upacara pernikahan atau ke upacara pemakaman membawa uang yang dimasukkan ke amplop khusus. Tidak sopan jika memasukkan uang tersebut ke amplop untuk surat biasa.
  9. Setelah orang Jepang meninggal maka jenazah nya akan dibakar, kemudian hanya tulangnya saja yang dikubur. Tulang tersebut dikubur dalam satu kuburan keluarga.
  10. Orang Jepang tidak ada tanda tangan, saat akan tanda tangan mereka menggunakan hanko /cap.


Namun dibalik kebiasaan dan adat orang-orang Jepang yang disiplin dan ramah itu, negara Jepang merupakan negara yang penduduknya melakukan bunuh diri terbanyak di dunia. Dalam 1 tahun kurang lebih 30.000 orang bunuh diri. Meskipun Negara dengan perekonomian maju, tetapi jumlah orang yang bunuh diri setiap tahun meningkat. Kenapa hal itu bias terjadi, apa alasan bunuh diri tidak dapat diketahui dengan jelas.

​Featured images @pakutaso

]]>
<![CDATA[Aneka Festival di Jepang]]>Mon, 29 Oct 2018 03:59:03 GMThttps://kuliahdijepang.net/negara-jepang-dan-aneka-kebudayaannya/aneka-festival-di-jepang

Di Jepang ada berbagai macam festival, bahkan hampir setiap bulan ada, diantaranya:

Picture
Omisoka  (大晦日) 31 Desember
Malam pergantian tahun merupakan saat makan toshikoshi soba (soba kuah melewatkan tahun) bersama keluarga. Mi soba yang halus dan panjang merupakan simbolisme dari harapan hidup sehat, damai, dan panjang umur. Joya no Kane adalah salah satu dari ritual saat omisoka yaitu pemukulan genta/ lonceng sebanyak 108 kali di seluruh kuil-kuil Jepang. Ucapan perpisahan menjelang tahun baru adalah "Yoi o-toshi o" (良いお年を Semoga menjadi tahun yang baik untuk Anda) atau Yoi o-toshi o omukae kudasai bila diucapkan secara formal.
Setelah tiba tanggal 1 Januari, ucapan selamat tahun baru secara formal adalah Akemashite omedetō gozaimasu (Selamat Tahun Baru), yang dapat diteruskan dengan kalimat Honnen mo dōzo yoroshiku onegaishimasu (Tahun ini juga saya mengharapkan kebaikan Anda).

Picture
Oshougatsu  ( 正月 )     1-3 Januari
Saat tahun baru orang Jepang semuanya mengucapkan "shinnen akemashite omedeto gozaimasu". Pada saat tahun baru ada tradisi saling mengirim kartu ucapan selamat tahun baru. Di depan rumah biasanya dipajang hiasan yang disebut "Kadomatsu" (hiasan dari bamboo dan pinus). Saat tahun baru keluarga berkumpul dan makan makanan tahun baru yang disebut "Osechiryouri". Saat ini meskipun hanya sedikit masih ada orang yang mengenakan baju kimono baru saat oshougatsu. Permainan tahun baru pun ada seperti honetsuki, kartu dan laying-layang. Anak-anak juga menerima ampao yang disebut "Otoshidama". Perusahaan, kantor, dan sekolah biasanya libur dari tanggal 29 Desember sampai 3 Januari. Perayaan oshougatsu sama seperti halnya hari raya Idul Fitri di Indonesia.

Picture
Hinamatsuri  (雛祭り/ ひなまつり)  3 Maret
Perayaan setiap tanggal 3 Maret di Jepang yang diadakan untuk mendoakan pertumbuhan anak perempuan. Keluarga yang memiliki anak perempuan memajang satu set boneka yang disebut hinaningyō (雛人形 /  ひなにんぎょう, boneka festival). Walaupun disebut matsuri, perayaan ini lebih merupakan acara keluarga di rumah, dan hanya dirayakan keluarga yang memiliki anak perempuan. Sebelum hari perayaan tiba, anak-anak membantu orang tua mengeluarkan boneka dari kotak penyimpanan untuk dipajang. Sehari sesudah Hinamatsuri, boneka harus segera disimpan karena dipercaya sudah menyerap roh-roh jahat dan nasib sial.

Picture
Kodomo no Hi (こどもの日)  5 Mei
Adalah salah satu hari libur resmi di Jepang yang jatuh tanggal 5 Mei. Hari libur ini merupakan serangkaian hari libur di akhir April dan awal Mei yang disebut Golden Week (Minggu Emas) di Jepang. Hari Anak-anak diperingati sejak tahun 1948 dan ditetapkan dengan undang-undang hari libur Jepang (Shukujitsu-hō) untuk "menghormati kepribadian anak, merencanakan kebahagiaan anak sambil berterima kasih kepada ibu. Pada hari tersebut ada perayaan Tanggo no Sekku  (festival anak laki-laki). Selama perayaan tersebut, keluarga yang memiliki anak laki-laki memajang replica Yoroi (pakaian ksatria zaman dulu) dan Kabuto (helm samurai) dan memasang kainobori (bendera berbentuk ikan mas) yang melambangkan kegigihan. Adapun makanan yang ada selama perayaan yaitu kue Chimaki dan Kashiwamochi.

Picture
Gion Matsuri        (祇園祭)   Juli
Adalah festival tahunan (matsuri) yang diadakan di Kyoto selama satu bulan penuh di bulan Juli. Perayaan dimulai pada tanggal 1 Juli yang ditandai dengan ritual Kippu iri dan diakhiri ritual Nagoshinoharae pada tanggal 30 Juli. Puncak-puncak perayaan Gion Matsuri berupa: Yoiyoiyama (malam sebelum Yoiyama, 15 Juli), Yoiyama (malam sebelum prosesi, 16 Juli) dinama orang-orang membuka pintu rumah dan memamerkan penyekat ruangan kuno yang mereka miliki. Dan Yamahako-junkō (prosesi Yamaboko, 17 Juli) yaitu parade kendaraan hias yang berbentuk kuil yang berjumlah 32.

Picture
Tanabata (七夕)    7 Juli atau 7 Agustus
Atau disebut  Festival Bintang adalah salah satu perayaan yang berkaitan dengan musim di Jepang, Tiongkok, dan Korea. Perayaan besar-besaran dilakukan di kota-kota di Jepang, termasuk di antaranya kota Sendai dengan festival Sendai Tanabata. Di Tiongkok, perayaan ini disebut Qi Xi. Tanabata diperkirakan merupakan sinkretisme antara tradisi Jepang kuno mendoakan arwah leluhur atas keberhasilan panen dan perayaan Qi Qiao Jie asal Tiongkok yang mendoakan kemahiran wanita dalam menenun. Pada awalnya Tanabata merupakan bagian dari perayaan Obon, tetapi kemudian dijadikan perayaan terpisah. Daun bambu (sasa) digunakan sebagai hiasan dalam perayaan karena dipercaya sebagai tempat tinggal arwah leluhur. Menurut legenda Jepang pada hari tersebut merupaka pertemuan bintang Altair dan bintang Vega dalam satu tahun sekali. Pada festival ini ada tradisi menulis permohonan di atas tanzaku atau secarik kertas berwarna-warni, lalu diikatkan pada potongan dahan bamboo.

Picture

Obon Matsuri  (お盆)  15 Agustus
Adalah serangkaian upacara untuk merayakan kedatangan arwah leluhur, ada tradisi memajang lampion yang disebut bon chocin  (lentera bon) dengan maksud agar arwah leluhur bias menemukan rumah yang dulu pernah ditinggalinya. Setelah itu ada ritual Bon Odori, yaitu menari bersama yang merupaka penutup perayaan Obon. Bon Oduri merupakan puncak dari semua festival musim panas. Beberapa daerah memiliki tradisi toronagashi berupa pelarungan lampion di sungai sebagai lambang melepas arwah leluhur untuk kembali kea lam sana. Saat ini Obon lebih banyak diartikan sebagai kesempatan pulang ke kampong halaman untuk bertemu sanak saudara dan membersihkan makam.

reference id.wikipedia.org

]]>
<![CDATA[Kesenian Tradisional Jepang]]>Mon, 29 Oct 2018 03:13:20 GMThttps://kuliahdijepang.net/negara-jepang-dan-aneka-kebudayaannya/kesenian-tradisional-jepang
Jepang yang kaya akan adat dan kebudayaan tentunya juga mempunyai kesenian tradisional yang khas, berikut beberapa kesenian tradisional Jepang.
Chanoyu ( 茶の  )/
Sado (   )
adalah upacara minum the, diperkenalkan oleh Sennorikyu. Teh disiapkan secara khusus oleh orang yang mendalami seni upacara minum the dan dinikmati sekelompok tamu di ruangan khusus untuk minum the yang disebut chashitsu.

Karate ( 空手 )
adalah seni beladiri, pertama kali dimulai di Jepang di pulau Ryukyu.

Ikebana(生け花 )
adalah seni merangkai bunga yang memanfaatkan berbagai jenis bunga, rumput-rumputan dan tanaman dengan tujuan untuk dinikmati keindahannya. , dimulai di Kyoto pada tahun 1300.

Origami( 折り紙 )
adalah seni melipat kertas. Tidak begitu diketahui dari mana asalnya, di Jepang sudah ada sejak tahun 1680. Dengan kertas segi empat dilipat menjadi berbagai macam bentuk seperti hewan, bunga dan lain-lain tanpa menggunakan gunting dan lem.

Sumou (  相撲  )
adalah olahraga saling dorong antara dua orang pesumo yang berbadan gemuk sampai salah seorang didorong keluar dari lingkaran atau terjatuh dengan bagian badan selain telapak kaki menyentuh tanah di bagian dalam lingkaran. Pesumo (rikishi) perlu berbadan besar dan gemuk karena semakin tambun seorang pegulat sumo semakin besar pula kemungkinannya untuk menang. Pertandingan sumo berlangsung di atas ring bernama dohyō (土俵) yang dibuat dari campuran tanah liat yang dikeraskan dengan pasir yang disebarkan di atasnya

Kendou ( 剣道 )
adalah seni beladiri jepang yang menggunakan pedang. Di Jepang dimulai dari tahun 1730. Latihan kendo (keiko) terdiri dari berbagai macam tujuan untuk mengembangkan diri. kendo memerlukan disiplin tinggi dan dedikasi penuh untuk latihan, seperti etika (religi), postur tubuh dan teknik melangkah, dan cara mengayun pedang yang benar.

Noh ( )
 adalah bentuk utama drama musik Jepang klasik yang telah dipertunjukkan sejak abad ke-14. Noh tersusun atas mai (tarian), hayashi (musik) dan utai (kata-kata yang biasanya dalam lagu-lagu). Pelakon menggunakan topeng dan menari secara lambat. Zeami Motokiyo dan ayahnya Kan'ami membawa Noh kepada bentuk terkininya selama masa Muromachi.

Kabuki (  歌舞伎 )
adalah seni teater klasik khas Jepang. Aktor kabuki terkenal dengan kostum mewah dan tata rias wajah yang mencolok. Sejarah kabuki dimulai tahun 1603 dengan pertunjukan dramatari yang dibawakan wanita bernama Izumo no Okuni di kuil Kitano Temmangu, Kyoto. Kabuki berawal dari kebiasaan wanita menari ( Kabuki Odori ), kemudian berkembang menjadi seni pementasan.  Pada tahun 1629 kabuki perempuan dan kabuki remaja laki- laki dilarang, hanya ada kabuki yang seluruhnya dibawakan oleh laki-laki dewasa sebagai bentuk dilarangnya Onna-Kabuki dan Wakashu-kabuki.

Bunraku (  文楽  )
adalah sandiwara boneka tradisional Jepang atau teater boneka Jepang . Dimulai di Osaka pada tahun1700an, seorang penyanyi membacakan cerita diiringi dengan alat music yang disebut Shamisen.
Picture
Chanayu/Sado
Picture
Noh
Picture
Ikebana
Picture
Bunraku
Picture
Origami
Picture
Kabuki
]]>
<![CDATA[Pakaian Adat Jepang]]>Sat, 27 Oct 2018 08:03:59 GMThttps://kuliahdijepang.net/negara-jepang-dan-aneka-kebudayaannya/pakaian-adat-jepang
Pakaian resmi orang Jepang adalah kimono, Kimono (着物) merupakan pakaian adat atau pakaian tradisional Jepang yang paling utama. Sebenarnya Kimono sudah ada sejak zaman dahulu. Biasanya Kimono dipakai pada saat acara atau momen tertentu, misalnya acara pernikahan, upacara teh, acara tradisional formal, maupun upacara pemakaman.

Pada zaman sekarang, kimono berbentuk seperti huruf "T", mirip mantel berlengan panjang dan berkerah. Panjang kimono dibuat hingga ke pergelangan kaki. Wanita mengenakan kimono berbentuk baju terusan, sementara pria mengenakan kimono berbentuk setelan. Kerah bagian kanan harus berada di bawah kerah bagian kiri. Sabuk kain yang disebut obi dililitkan di bagian perut/pinggang, dan diikat di bagian punggung. Alas kaki sewaktu mengenakan kimono adalah zōri atau geta.
Kimono sekarang ini lebih sering dikenakan wanita pada kesempatan istimewa. Wanita yang belum menikah mengenakan sejenis kimono yang disebut furisode. Ciri khas furisode adalah lengan yang lebarnya hampir menyentuh lantai. Perempuan yang genap berusia 20 tahun mengenakan furisode untuk menghadiri seijin shiki. Pria mengenakan kimono pada pesta pernikahan, upacara minum teh, dan acara formal lainnya. Ketika tampil di luar arena sumo, pesumo profesional diharuskan mengenakan kimono. Anak-anak mengenakan kimono ketika menghadiri perayaan Shichi-Go-San. Selain itu, kimono dikenakan pekerja bidang industri jasa dan pariwisata, pelayan wanita rumah makan tradisional (ryōtei) dan pegawai penginapan tradisional (ryokan).

Kimono merupakan pakaian adat Jepang secara umum, namun kimono juga terbagi dalam beberapa jenis lain.

Jenis-jenis lain kimono:
Picture
Yukata (  ) adalah jenis kimono yang dibuat dari bahan kain katun tipis tanpa pelapis. Yukata dipakai agar badan menjadi sejuk di sore hari atau sesudah mandi malam berendam dengan air panas.Menurut urutan tingkat formalitas, yukata adalah kimono nonformal yang dipakai pria dan wanita pada kesempatan santai di musim panas, misalnya sewaktu melihat pesta kembang api, matsuri (ennichi), atau menari pada perayaan obon. Yukata dapat dipakai siapa saja tanpa mengenal status, wanita sudah menikah atau belum menikah.
 
Serupa tapi tak sama dengan kimono. Yukata tidak boleh dikenakan ke acara pernikahan. Saat mengenakan Yukata menggunakan Geta, tetapi tidak mengenakan Tabi (kaos kaki yang digunakan saat mengenakan kimono). Yukata juga dikenakan tanpa menggunakan kaus, sementara kimono menggunakan kaus.

Picture
Mofuku (  もふ )         
Jenis kimono yang dikenakan saat upacara pemakaman. Berwarna hitam.

Picture
Furisode  (ふりそ) Kimono dengan lengan yang panjang. Dikenakan oleh wanita yang belum menikah. Orang yang sudah menikah tidak boleh mengenakan ini. Biasanya dibuat dari bahan berwarna cerah, motif kain berupa bunga dan tanaman, keindahan musimbinatang, atau burung yang digambar dengan tangan memakai teknik yuzen. Kain bisa bertambah mewah dengan tambahan bordiran benang emas.

Picture
Hakama ( はかま ) pakaian luar tradisional Jepang yang dipakai untuk menutupi pinggang sampai mata kaki. Dipakai sebagai pakaian bagian bawah, hakama merupakan busana resmi pria untuk menghadiri acara formal seperti upacara minum teh, pesta pernikahan, dan seijin shiki. Anak laki-laki mengenakannya sewaktu merayakan Shichi-Go-San. Di kalangan olahraga bela diri tradisional seperti kendo, aikido, dan kyūdō, hakama dipakai oleh pria dan wanita. Ketika tidak sedang bergulat, pesumo mengenakan kimono dan hakama ketika tampil di muka umum. Di kalangan Shinto, setelan kimono dan hakama adalah pakaian resmi kannushi dan miko.

Itulah beberapa contoh jenis kimono.

]]>
<![CDATA[Mengenal Musim di Jepang]]>Sat, 27 Oct 2018 07:19:47 GMThttps://kuliahdijepang.net/negara-jepang-dan-aneka-kebudayaannya/mengenal-musim-di-jepang
Secara geografi, Jepang berada dalam wilayah dengan iklim subtropis oleh karena itu Jepang memiliki 4 musim dalam setiap tahunnya. Setiap musim berlangsung selama kurang lebih 3 bulan dan ada bermacam-macam budaya pada setiap musimnya.

MUSIM SEMI  (春)    Maret – Mei

Picturebudaya hanami
Musim semi di Jepang merupakan musim yang sangat ditunggu-tunggu. Pada musim ini terdapat banyak hal menarik seperti bunga sakura dan banyak tumbuhan lainnya yang mulai bersemi serta makanan yang lezat. Selain itu, karena aktifitas sekolah dan perkantoran dimulai pada bulan April, musim semi juga menjadi awal yang baru untuk bertemu dengan orang baru. Musim semi memberikan energi tersendiri untuk memulai sesuatu yang baru. Saat bunga sakura mekar orang Jepang suka duduk di bawah pohon sakura sambil makan, minum, bernyani dan menari, hal tersebut didebut Hanami. Orang Jepang sangat menyukai bunga sakura karena sangat cantik dengan warna pink. Pada musim semi ada upaca masuk sekolah dan kelulusan. Sakura dan gunung Fuji adalah symbol Jepang.

MUSIM PANAS ( 夏 )    Juni – Agustus

Picturefestival laut di Jepang
Musim panas atau Natsu (夏) dalam Bahasa Jepang, musim ini tiba sekitar bulan Juni sampai akhir September. Bisa dibilang, musim panas di Jepang ini adalah waktu yang paling menderita karena suhu cuaca bisa mencapai 40 derajat celcius. Hari-hari terasa sangat panas. Saat musim panas ada pembuka musim mendaki gunung dan pembukaan laut. Dari tanggal 25 Juli sampai 31 Agustus sekolah diliburkan dan orang Jepang saat musim panas suka pergi ke gunung atau ke pantai. Musim Panas adalah saatnya pesta kembang api atau hanabi, karena dimana-mana diselenggarakan festival kembang api.

MUSIM GUGUR (  秋 )   September – November

Picturefestival olahraga di musim gugur
Musim yang sejuk dimana daun-daun pohon berguguran. Bagian utara Jepang akan mengalami musim gugur lebih awal dibandingkan area selatan. Secara berututan, musim gugur akan mulai dari Hokkaido sekitar bulan September,  lalu ke Tohoku, Kanto, Chubu, Kansai, Shikoku, dan Kyushu. Musim dengan kegiatan belajar dan olahraga serta piknik. Saat musim gugur akan dilselenggarakan festival olahraga, lomba merebus kentang, dan ada juga tradisi Momijigari yaitu kegiatan menikmati perubahan warna daun.

MUSIM DINGIN ( 冬  )    Desember – Februari

Picturepatung manusia salju di Hokkaido
​Musim dimana cuaca sangat dingin. Pada musim dingin orang Jepang biasanya pergi ke pegunungan yang banyak saljunya seperti Hokkaido, Sapporo, dan juga pergi ke Onsen (sumber pemandian air panas). Di Jepang terdapat lebih daei 3000 onsen. Saat musim dingin ada Yuki Matsuri (festival salju) pada bulan Februari di Sapporo, ada juga Kamakura Matsuri pada bulan Februari di prefektur Akita. Dan Ada juga Yakiasobi, Oomisoka, Oshogatsu (budaya yang paling besar di Jepang). Pada bulan Juni selama satu bulan turun hujan, disebut Tsuyu.

reference id.wikipedia.org

]]>
<![CDATA[Sekilas Tentang Negara Jepang]]>Sat, 27 Oct 2018 06:25:10 GMThttps://kuliahdijepang.net/negara-jepang-dan-aneka-kebudayaannya/sekilas-tentang-negara-jepang
Jepang beribu kota di Tokyo, penduduk Jepang kurang lebih 128 juta (peringkat ke 10 dunia), luas wilayah 377,835 km2 (peringkat ke 60 dunia). Usia rata-rata harapan hidup laki-laki 73 tahun sedangkan perempuan 80 tahun. Tahun 1616 sampai 1853 (kurang lebih 140 tahun) Jepang menutup diri dari luar, kecuali dari Portugis dan Belanda Jepang tidak melakukan perdagangan maupun pertukaran dengan negara lain. Selain itu agama kristen juga dilarang. Masa tersebut disebut sakoku.

Jepang adalah negara kepulauan kecil yang berada di bagian timur Asia timur. Pertanian dan industri di Jepang ada diperingkat 2 dunia, selain itu karena negara Jepang dikelilingi lautan periklanannya pun sangat maju. Sejak kapan orang tinggal di Jepang tidak diketahui secara jelas. Tetapi berdiri sebagai "Negara Jepang" sejak tahun 700. Meskipun Jepang mendapat pengaruh agama Budha dari Cina, tetapi Jepang menciptakan budaya-budayanya sendiri yang khas. Karena itu meskipun Jepang dan Cina sangat dekat, tetapi budayanya sangat berbeda.

Pada tahun 1938-1945 (perang dunia ke II), pda tanggal 6 Agustus 1945 bom atom jatuh di Hiroshima dan sebanyak 200.000 orang meninggal. Dan pada tanggal 9 Agustus kota Nagasaki juga dijatuhi bom, 80.000 orang meninggal. Tahun 1947 undang-undang negara Jepang yang baru telah dibuat. Sejak tahun 1945 Jepang banyak sekali mengalami perubahan. Tenou adalah simbol dari negara Jepang, saat ini generasi ke 125. 
Picture
peta jepang dan pembagian wilayahnya
Kebanyakan orang Jepang berasal dari suku Yamato, yaitu 98%. Ada juga beberapa suku lain seperti suku Ainu dan Ryukyu namun jumlahnya sedikit.

Suku Yamato (大和民族 Yamato-minzoku atau 天孫民族 Tenson-minzoku) adalah kelompok etnis asli yang dominan di Jepang. Nama "Yamato" berasal dari Tahta Yamato yang ada di Jepang pada abad ke-4. Sebenarnya ia adalah nama daerah asal di mana orang-orang Yamato pertama kali menetap di Prefektur Nara. Pada abad ke-6, suku Yamato sebagai salah satu dari banyak suku dari berbagai asal usul yang pernah mengkolonisasi Jepang pada zaman prasejarah, mulai mendirikan negara dengan model negara-negara di Cina dari dinasti Sui dan Tang, yaitu pusat pengaruh politik Asia pada saat itu. Ketika pengaruh Yamato meluas, bahasa mereka menggantikan Bahasa Jepang Kuno dan menjadi bahasa umum yang dipakai secara luas. Sementara Bahasa Ryukyu dari Kepulauan Ryukyu, telah berpisah dari Bahasa Jepang Kuno antara ke-3 dan ke-5 abad.
Picture
suku yamato
Suku Ainu (アイヌ)  adalah sebuah kelompok etnis pribumi di Hokkaidō, Kepulauan Kuril, dan sebagian besar Sakhalin. Diduga ada lebih dari 150.000 orang Ainu saat ini; namun jumlahnya yang pasti tidak diketahui karena banyak orang Ainu yang menyembunyikan asal usul mereka karena masalah etnis di Jepang. Seringkali orang Ainu yang masih hidup pun tidak menyadari garis keturunan mereka, karena orang tua dan kakek-nenek mereka merahasiakannya untuk melindungi anak-anak mereka dari masalah sosial.  Asal usul suku Ainu belum sepenuhnya diketahui. Mereka seringkali dianggap Jōmon-jin, penduduk asli Jepang dari periode Jōmon. Penelitian DNA mutakhir mengatakan bahwa mereka adalah keturunan dari suku Jomon kuno di Jepang. "Suku Ainu yang tinggal di tempat ini seratus ribu tahun sebelum Anak-anak Matahari datang" dikisahkan dalam salah satu dari Yukar Upopo (legenda Ainu) mereka. Budaya Ainu berasal dari sekitar 1200 M dan penelitian mutakhir berpendapat bahwa hal ini berasal dalam penggabungan budaya Okhotsk dan Satsumon. Ekonomi mereka didasarkan pada pertanian maupun berburu, menangkap ikan dan mengumpul.
Picture
Suku Ainu id.wikipedia.org
Suku Ryukyu  (琉球民族 Ryūkyū minzoku, Okinawa: Ruuchuu minzuku) adalah penduduk pribumi yang hidup di Kepulauan Ryukyu, yang terletak antara pulau Kyushu dan pulau Taiwan. Suku Ryukyu secara umum terbagi menjadi beberapa subsuku,yaitu Amami, Okinawa, Miyako, Yaeyama, dan Yonaguni. Secara administratif, mereka mendiami Prefektur Okinawa dan Prefektur Kagoshima. Okinawa adalah pulau yang berada di sebelah paling selatan Jepang, Okinawa dulu bukan Jepang, dulu adalah Negara RYOUKYUOKOKU (1429-1879). Ryukyu memiliki bahasa dan budaya sendiri, di Okinawa paling banyak orang meninggal karena perang. Secara genetis, suku-suku pribumi Ryukyu berkerabat dekat dengan suku Ainu, dan kerabat dekat selanjutnya adalah bangsa Jepang dan Korea. Suku Ryukyu juga adalah kerabat terdekat kedua setelah suku Ainu dengan suku Jomon, yaitu penduduk zaman prasejarah Jepang. Walaupun demikian, ditemukan pula bahwa sebagian signifikan dari gen maternal mereka berasal penduduk kuno Asia selatan.
Nama Ryukyu pertama kali muncul dalam tulisan sejarah Tiongkok pada tahun 605, yaitu awal Dinasti Sui. Selama berabad-abad kemudian, Tiongkok pada umumnya menyebutkan nama Ryukyu untuk daerah yang meliputi baik Kepulauan Ryukyu maupun Formosa.
Picture
Suku Ryukyu ameblo.jp
reference id.wikipedia.org
header images @pakutaso
]]>