<![CDATA[KONSULTAN BELAJAR DAN BEKERJA DI JEPANG - Apa itu Jidouhanbaiki?]]>Sat, 29 Aug 2020 13:37:14 +0700Weebly<![CDATA[Apa itu Jidouhanbaiki?]]>Tue, 30 Oct 2018 04:30:13 GMThttps://kuliahdijepang.net/apa-itu-jidouhanbaiki/apa-itu-jidouhanbaiki
Picture
jidouhanbaiki-creativeboom.com
Jidouhanbaiki (じどうはんばいき) atau vending machine adalah mesin penjual otomatis. Kenyamanan dan kepraktisan bagi orang Jepang adalah dua hal yang sangat penting. Jidouhanbaiki menjadi salah satu primadona untuk konsumen di Jepang karena menyediakan berbagai fitur untuk kenyamanan penggunanya bahkan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan mereka. Di Jepang, jidouhanbaiki adalah pemandangan yang sangat umum. Mesin ini pertama kali digunakan di Jepang pada tahun 1950 dan melayani penjualan minuman. Perkembangan jumlahnya kemudian meningkat sangat signifikan. Tercatat jumlah unit mesin otomatis ini mencapai kurang lebih 4-5 juta unit di seluruh Jepang. Oleh karena itu, akan sangat mudah menjumpai mesin ini di Jepang.

Ada berbagai jenis barang yang dijual dengan mesin ini, seperti makanan ringan, rokok, tiket lotre, produk konsumen dan bahkan emas untuk pelanggan secara otomatis. Namun, kebanyakan jidouhanbaiki menjual minuman ringan seperti air mineral,minuman soda, alkohol, jus, dan lain-lain. 

Picturecreativeboom.com
Jidouhanbaiki memiliki bentuk yang nyaris seragam dan mudah dioperasikan di seluruh Jepang. Lokasinya juga ada dimana-mana sehingga sangat mudah ditemui hampir sampai ke seluruh pelosok kota dan desa di Jepang.
Mulai dari pusat keramaian di tengah kota, stasiun, tempat hiburan, taman, sekolah, gedung perkantoran, kaki gunung, pinggir jalan sampai pada gang kecil dan gelap di pinggiran kota atau pemukiman. Sepanjang mata memandang tidak akan sulit untuk menemui mesin jual otomatis yang selalu menyala terang 24 jam tanpa henti. Meskipun letak mesinnya ada di tempat sepi atau tempat terpencil dan gelap hampir tidak pernah ditemukan mesin yang rusak ataupun dirusak oleh oknum tak bertanggung jawab. Jepang memiliki tingkat kriminalitas terendah di dunia sehingga perusakan hampir tidak pernah terjadi. Mereka juga sangat disiplin dan teliti dalam hal perawatan. Beberapa jidouhanbaiki bahkan dilengkapi dengan kamera pengawas untuk menjaga keamanan mesin serta lingkungan sekitarnya.

Ada yang unik dari mesin otomatis ini, yaitu di setiap mesin ada tertempel stiker kecil yang mencantumkan alamat lokasi lengkap daerah itu. Informasi ini sangat berguna apabila orang yang kebetulan melintas lalu menemukan kejadian gawat seperti kecelakaan atau pun bencana yang membutuhkan penanganan lebih lanjut. Namun, orang Jepang pun masih jarang yang mengetahui informasi ini.


Picturecreativeboom.com
Sejak mesin ini dipakai pertama kali di jepang, mesin ini sudah banyak mengalami perkembangan yang signifikan mengiringi perkembangan negara Jepang yang pesat. Cara pemakaian jidouhanbaiki yang hanya dengan memasukkan uang koin atau pun kertas sejumlah harga barang yang kita beli kini berkembang dengan dapat dilakukan melalui IC card (sejenis kartu uang elektronik) dengan cara menyentuhkan ke sensor mesinnya. Trend pembayaran cashless ini sudah berkembang dengan menyentuhkan aplikasi smartphone ke alat sensor untuk melakukan pembayaran. Meskipun begitu, teknik pembayaran konvensional dengan uang kertas dan koin masih diterima.
Kualitas dan jenis mesin terus ditingkatkan seiring dengan kecanggihan teknologi. Tidak hanya sistem konvensional dengan tekan tombol, mesin jual otomatis dengan teknologi layar sentuh dan fitur pengenalan wajah sudah terpasang di beberapa tempat publik. Produsen mesin juga terus berinovasi serta mengembangkan berbagai ide untuk terus meningkatkan kualitas yang berimbas pada peningkatan kenyamanan konsumen. Tidak salah bila dikatakan bahwa jidouhanbaiki telah menjadi bagian dari kehidupan warga Jepang.
Ya, sayangnya mesin otomatis dan praktis yang sudah menjadi hal umum di Jepang atau di negara maju lainnya ini belum ada di Indonesia.

]]>