<![CDATA[KONSULTAN BELAJAR DAN BEKERJA DI JEPANG - Blog belajar bahasa Jepang]]>Thu, 27 Aug 2020 00:34:33 +0700Weebly<![CDATA[Aisatsu - Sapaan dan Salam dalam Bahasa Jepang]]>Fri, 12 Apr 2019 05:28:24 GMThttps://kuliahdijepang.net/belajar-huruf-jepang/aisatsu-sapaan-dan-salam-dalam-bahasa-jepang
Yo.. minna!! O genki desu ka?  Pasti sehat kan.. kalau badan ga sehat ya berobat,  kalau akal ga sehat ya bertobat. Hehehe...

Ryokai, kali ini kita akan belajar bahasa Jepang lagi ya minna.. Tapi sebelum itu perlu diketahui, seperti Indonesia, Negara Jepang juga dikenal sebagai negara dengan masyarakat yang ramah dan kerap kali mengucapkan sapaan atau salam ke hampir semua orang yang ditemuinya.  Ucapan salam dan Sapaan dalam bahasa Jepang disebut juga dengan Aisatsu (あいさつ). Aisatsu terdiri dari berbagai ucapan mulai dari seseorang bangun tidur di pagi hari hingga akan tidur kembali di malam hari. Selain itu, Aisatsu (あいさつ) juga berisikan ucapan saat akan melakukan sesuatu, seperti makan, keluar rumah, hingga datang kembali ke rumah.
Bagi teman-teman yang sering menonton anime pasti tidak asing dengan ucapan-ucapan seperti itadakimasu, oyasuminasai, okaerinasai dan lain-lain, kan? Ya, itu adalah beberapa contoh aisatsu dan itu bukan hanya di anime loh melainkan memang digunakan oleh masyarakat Jepang. Bagi teman-teman yang akan pergi ke Jepang baik itu untuk sekolah/kuliah, bekerja, atau sekedar jalan-jalan/tour Jepang, aisatsu ini sangat mimin rekomendasikan untuk dipelajari karena memang akan sangat berguna ketika teman-teman berada di Jepang.

Bagi teman-teman yang belum tahu apa-apa saja aisatsu, berikut mimin kasih daftar aisatsu yang sering kali di gunakan :
Nah, itulah ucapan sapaan dan salam dalam bahasa Jepang. Semoga bermanfaat ya minna..^^
Eh, baru sadar kalau mimin juga pakai aisatsu di kalimat pembuka?hihihi... Saa.. mata aimashou ne, minna...hehe
]]>
<![CDATA[Kosakata Warna Bahasa Jepang]]>Wed, 19 Dec 2018 06:00:00 GMThttps://kuliahdijepang.net/belajar-huruf-jepang/kosakata-warna-bahasa-jepang
Yo, minna? Ketemu lagi.. eh? bosan? jangan dooong... T.T
Bagaimana belajar bahasa Jepangnya, pasti sudah ada kemajuan kan?hehe
Kemarin-kemarin TGP kasih kotoba hewan sama kotoba anggota badan, sudah hafal? Kalau belum, di baca lagi ya biar hafal.. ^^

Minna... TGP mau nanya, hidup kalian sudah berwarna belum? Belum? Wah..Kasihan.. XD. Maka nya keluar dong, jangan diem-diem bae dirumah.. suram kan, tuh.. XD

Bicara soal warna, kali ini TGP akan membagikan kotoba warna  atau dalam bahasa Jepang nya yaitu "iro" atau 色. Warna adalah kata sifat yang sering kali dipakai dalam kehidupan. Selain itu warna adalah suatu hal yang sudah seperti menjadi bagian dari kehidupan itu sendiri. Manusia menciptakan benda kemudian mewarnainya, bahkan alam ini pun sudah berwarna tanpa kita warnai namun warna alami yang mereka hasilkan bisa terlihat lebih indah, kan? Ya, karena memang fungsi utama warna adalah untuk memperindah sesuatu.

Lebih dari itu, warna biasanya dipakai juga untuk keterangan suatu benda agar mudah diingat atau agar mudah membedakan benda satu dengan benda yang lain. Misal untuk menunjuk seseorang diantara kerumunan, biasanya seseorang akan menunjuk dengan menambahkan warna baju yang dipakai orang itu. "Itu loh.. cewek yang pake kaos kuning..". Dan seketika orang yang diberitahu akan melihat kearah orang yang sama (Cewek dengan kaos kuning). Contoh lain, tahu film superhero "Power Rangers"? Itu loh.. superhero yang warna-warni itu..tahu? Kenapa setiap power ranger punya warna berbeda? hayoo...
Kalo saya sendiri akan menjawab ,"biar kita gak rebutan milihnya.. aku ranger merah ciaaaaaaattttt...!!!!! #plakkk!!!" 
Gomenasai.. kebawa suasana masa kecil jadi ngeluarin jurus ranger merahXD.
Kembali ke warna. Warna di bagi menjadi warna pokok dan warna turunan (gabungan dari 2/3 warna menghasilkan warna baru). Langsung saja simak kotoba warna dalam bahasa Jepang yaa...
Ini untuk 5 warna dasar (warna pokok)...
Dibawah ini untuk beberapa warna turunan dari warna dasar,
Tentu masih banyak lagi warna-warna turunan, banyak banget malah.. yang toska-toska apalah itu XD. Kalau nakama tahu bisa ditambahin ya biar semakin kompli kotoba warna nya.. ^^. 
Ryokai, desu! Sekian dulu untuk kosakata bahasa Jepangnya...Semoga bermanfaat^^.

]]>
<![CDATA[Kosakata Anggota Tubuh Bahasa Jepang]]>Tue, 11 Dec 2018 06:52:20 GMThttps://kuliahdijepang.net/belajar-huruf-jepang/kosakata-anggota-tubuh-bahasa-jepang
Oi, Minna... o genki desu ka? haha... Pastinya dong... sehat itu yang utama, kalau badan sehat ngapa-ngapain juga enak, kan? Makan enak, kerja enak, jalan-jalan enak, belajar enak, nganggur pun enak.. xD 

Ngomong-ngomong soal badan, kali ini TGP bakal bagiin kosakata bahasa Jepang dengan kategori anggota badan atau organ tubuh atau dalam bahasa Jepangnya karada no kikan (からだ の きかん  / 体の器官) . Kotoba ini TGP kumpulin dari berbagai sumber, sayangnya belum komplit banget sampai ke organ dalam tubuh. Teman-teman bisa nambahin ya kalau ada kotoba yang teman-teman tahu...hehe
​Kotoba-nya admin buat dengan gambar juga biar gampang untuk mengingatnya. Yuk, langsung saja simak!
Nah, itu dia kotoba anggota badannya. Gampang atau sulit? Sulit? Haha... kalo teman-teman rajin belajar pasti bisa, kok. Teman-teman boleh mengambil gambarnya kok tapi asal jangan dikomersilkan yaa...

Terakhir, belajar bahasa Jepang dasar seperti tata bahasa, pengucapan dan intonasi, huruf katakanahiragana, dan kanji, serta percakapan-percakapan sederhana sangat penting untuk calon pelajar yang akan sekolah/kuliah di Jepang maupun yang akan bekerja di Jepang. Silahkan hubungi kami untuk sekolah/kuliah di Jepang dan belajar bahasa Jepang lebih  lanjut bersama PT TUMBUH GELORA PRESTASI.
]]>
<![CDATA[Dasar Mempelajari Bahasa Jepang]]>Mon, 10 Dec 2018 02:32:15 GMThttps://kuliahdijepang.net/belajar-huruf-jepang/belajar-bahasa-jepang-dasar
Belajar bahasa merupakan suatu kebutuhan mendasar untuk seseorang yang ingin belajar, bersekolah, kuliah ataupun bekerja di negara lain. Memutuskan akan belajar bahasa atau tidak, akan mempertimbangkan kemungkinan penggunaan dan manfaat bahasa dalam pergaulan, pendidikan, atau pekerjaan, serta tingkat kemudahan/kesulitan bahasa tertentu dipelajari. Biasanya, sekolah atau bekerja di negara manapun, menguasai bahasa lokal akan meningkatkan kemungkinan sukses dalam pergaulan, pendidikan, atau pekerjaan. 

Tingkat kesulitan bahasa bermacam-macam tapi sesulit apapun bahasa tersebut dapat dipelajari demi ketercapaian tujuan. Huruf, tata bahasa, intonasi dan cara baca setiap bahasa berbeda-beda. Memahami ciri-ciri dan karakteristik bahasa yang akan kita pelari akan mempermudah kita dalam proses belajarnya. Begitu juga dengan bahasa Jepang, pelajar Indonesia yang ingin belajar, sekolah, kuliah ataupun bekerja di Jepang harus memahami terlebih dahulu karakteristik bahasa Jepang. Dan di sini kita akan belajar bahasa Jepang dasar.

Berikut adalah 3 hal dasar yang perlu diketahui dalam mempelajari bahasa Jepang :

1. Pronunciation dan Intonasi
Pada bahasa Jepang, intonasi kata-kata mirip dengan bahasa Indonesia. Berbeda dengan bahasa inggris atau Korea, intonasi atau perbedaan tinggi rendahnya nada akan mengubah arti. Pronunciation (cara pengucapan) yang berbeda dengan kata dalam bentuk tulisan juga akan mempengaruhi arti dari kata. Seperti kata "love" dalam bahasa inggris akan dibaca "lav". Kesulitan seperti itu lah yang biasanya menjadi kendala untuk orang Indonesia ketika belajar bahasa asing. Namun, bahasa pengucapan kata dalam bahasa Jepang akan sama dengan bahasa Indonesia. Seperti kata "atama" dalam bahasa Jepang akan sama seperti kita mengucapkan kata "kepala", tidak ada perubahan pengucapan dari apa yang tertulis di kata itu. 
2. Tata Bahasa
Susunan subjek,predikat, dan objek bahasa Jepang berbeda dengan bahasa Indonesia. Dalam bahasa Indonesia digunakan urutan SPO (Subjek, Predikat, dan Objek). Misalnya "saya makan nasi" (subjek=saya, predikat=makan, objek=nasi).
Dalam bahasa Jepang digunakan urutan SOP (Subjek, Objek, dan Predikat). Misalnya 私はご飯を食べます (watashi wa gohan wo tabemasu, berarti: saya makan nasi). Watashi = saya. Gohan = nasi. Tabemasu = makan. Wa dan wo kata imbuhan atau biasa di sebut partikel. Urutan kata yang digunakan SOP subjek=saya, objek=nasi, predikat=makan tetapi jika diartikan ke bahasa Indonesia bukan berarti menjadi saya nasi makan, namun tetap menggunakan tata bahasa Indonesia yaitu saya makan nasi.
3. Huruf
Bahasa Jepang mempunyai 3 huruf atau karakter yaitu katakana, hiragana dan kanji. 
  • katakana, yaitu huruf yang digunakan untuk kata serapan (kata yang diserap dari bahasa asing). Contoh: テレビ( terebi ) = televisi
  • hiragana, yaitu huruf yang digunakan untuk kata-kata Bahasa Jepang yang tidak ditulis dalam kanji. Contoh: わたし ( watashi ) = saya
  • kanji, yaitu huruf atau simbol yang mewakili arti tertentu. Kanji Jepang diadopsi dari kanji Cina. Arti-kata sama/mirip tetapi cara baca berbeda (biasanya satu huruf mewakili satu kata). Contoh:  水 ( mizu ) = air
Belajar bahasa Jepang dasar seperti tata bahasa, pengucapan dan intonasi, huruf katakanahiragana, dan kanji, serta percakapan-percakapan sederhana sangat penting untuk calon pelajar yang akan sekolah/kuliah di Jepang maupun yang akan bekerja di Jepang. Silahkan hubungi kami untuk sekolah/kuliah di Jepang dan belajar bahasa Jepang lebih  lanjut bersama PT TUMBUH GELORA PRESTASI.
]]>
<![CDATA[Kosakata Hewan Bahasa Jepang]]>Tue, 04 Dec 2018 07:56:56 GMThttps://kuliahdijepang.net/belajar-huruf-jepang/kosakata-hewan-bahasa-jepang
Manusia bukan satu-satunya mahluk hidup yang ada di bumi ini, melainkan ada hewan, tumbuhan, dan mahluk-mahluk kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Oleh karena itu, kali ini TGP mau berbagi kumpulan kosakata bahasa Jepang dengan kategori Hewan. Ya, hewan, atau dalam bahasa Jepang adalah 動物(doubutsu).  Mahluk hidup yang bisa hidup berdampingan dengan manusia atau bisa juga bermusuhan. :D 

Oke, langsung saja, sudah lumayan lengkap nih kotoba hewan yang admin kumpulkan dari kamus dan website. Walaupun admin sendiri kebanyakan tahu kotoba hewan dari anime. xD . Bagi yang suka nonton anime One Piece dan mencermatinya pasti bakal banyak tahu kotoba hewan ini, karena di One Piece ada kemampuan yang namanya buah setan dengan tipe Zoan dimana merubah manusia (hewan, ada juga senjata) menjadi hewan dan menamai kemampuan buah itu sesuai perubahan jadi hewan apa.
Picture
one piece - neko-neko no mi, model: Leopard (neko=kucing, leopard termasuk dalam kelas kucing) zerochan.net
Jika teman-teman TGP menemukan kotoba hewan yang belum masuk di daftar di bawah ini jangan lupa untuk share ya biar makin lengkap. Selamat membaca dan menghafalnya ^^
Picture
牛 / ushi / sapi
Picture
トナカイ / tonakai / rusa kutub
Picture
馬 / uma / kuda
Picture
バッファロー / baffaro / kerbau
Picture
虎 / tora / harimau
Picture
鳥 / tori / burung
Picture
豚 / buta / babi
Picture
狸 / tanuki / rakun
Picture
兎 / usagi / kelinci
Picture
狼 / ookami / serigala
Picture
キリン / kirin / jerapah
Picture
犬 / inu / anjing
Berikut lebih komplitnya dalam bentuk tabel :
Banyak kanji yang teman-teman TGP belum tahu ya? hihi
Tenang aja, nama-nama hewan yang kanji nya susah kebanyakan ditulis dengan hiragana atau katakana kok. Perlu diketahui juga, karena adanya kelas dan spesies di hewan seperti spesies anjing bulldog yang termasuk dalam kelas anjing, biasanya spesies yang tidak ada dalam kamus Jepang akan ditulis dengan katakana. Oke, segitu dulu ya untuk kotoba kategori hewannya... Jangan lupa untuk menambahkan jika ada kotoba hewan lain yang teman-teman ketahui. 

Belajar bahasa Jepang dasar seperti tata bahasa, pengucapan dan intonasi, huruf katakanahiragana, dan kanji, serta percakapan-percakapan sederhana sangat penting untuk calon pelajar yang akan sekolah/kuliah di Jepang maupun yang akan bekerja di Jepang. Silahkan hubungi kami untuk sekolah/kuliah di Jepang dan belajar bahasa Jepang lebih  lanjut bersama PT TUMBUH GELORA PRESTASI.
]]>
<![CDATA[Huruf Kanji]]>Thu, 01 Nov 2018 03:31:19 GMThttps://kuliahdijepang.net/belajar-huruf-jepang/huruf-kanji
Kanji (漢字), secara harfiah berarti "aksara dari Han", adalah aksara Tionghoa yang digunakan dalam bahasa Jepang. Kanji adalah salah satu dari empat set aksara yang digunakan dalam tulisan modern Jepang selain katakana dan hiragana. Aksara kanji dipakai untuk melambangkan konsep atau ide (kata benda, akar kata kerja, akar kata sifat, dan kata keterangan).

Kanji yang merupakan hasil adaptasi dari huruf Cina bisa digunakan untuk menuliskan satu atau lebih kata yang berbeda, atau biasa disebut memiliki beberapa cara baca. Untuk memutuskan akan menggunakan cara baca yang mana tergantung pada konteks, makna kata, penggunaan dalam komponen, dan letaknya kalimat. 

Jenis Karakter Kanji (Rikusho)
  • Shokei moji (象形文字)
Karakter ini berupa pictogram, sketsa dari objek yang dirujuk. Misal, 目untuk mata dan 木untuk pohon.
  • Shiji moji (指事文字)
Shiji moji merupakan ideogram, sering disebut dengan simple ideogram. Karakter ini digunakan untuk menunjukkan objek yang abstrak dan arah yang tidak bisa ditunjukkan dengan bentuk. Misal, 上untuk atas dan 下untuk bawah.
  • Kaii moji (会意文字)
Merupakan karakter yang terbentuk dari paduan karakter huruf yang sudah ada. Misal, 休yang merupakan perpaduan dari 人(orang) yang beristirahat di samping木(pohon).
  • Keisei moji (形声文字)
Kadang disebut juga karakter semantic-phonetic atau phonetic-ideographic. Karakter ini merupakan komponen dari elemen yang menunjukkan objek yang sesungguhnya dan elemen lain yang digunakan secara fonetik untuk pengucapannya dan memberikan arti secara bersamaan.
  • Tenchu moji (転注文字)
Kadang disebut sebagai karakter turunan atau karakter mutually synonymous. Merupakan karakter yang merupakan turunan dari makna asli yang menunjukkan hal serupa. Misal, 楽yang memiliki cara pengucapan yang berbeda, yaitu on yomi gaku yang berarti musik dan kun yomi raku yang berarti kesenangan.
  • Kashaku moji (仮借文字)
Kategori ini lebih mengutamakan cara baca dibandingkan artinya. Misal, 亜米利加 (Amerika), 倫敦(London), 巴里 (Paris), 華盛頓(Washington). Biasanya digunakan untuk kata-kata serapan.

Karena memiliki beberapa cara baca, kadang kanji diberikan cara baca (ruby character) yang disebut dengan furigana (huruf kana kecil yang dituliskan di atas atau di kanan karakter kanji) atau kumimoji (huruf kana kecil yang dituliskan dalam baris setelah karakter kanji).
ukuran pratayang png dari berkas svgDaftar seluruh Jōyō Kanji, dengan Kyōiku Kanji berwarna merah, menurut sistem pengindeksan KLD Halpern. Klik untuk lebih jelasnya.
itulah sekilah tentang kanji. Belajar Kanji memang susah karena pola nya yang rumit. Tapi tanpa didasari semangat yang kuat untuk belajar kanji kita tak akan pernah bisa huruf kanji. Untuk calon siswa yang sekolah/kuliah bahasa Jepang di Jepang, belajar kanji juga merupakan hal yang wajib. Paling tidak calon siswa sudah mengerti dasar-dasar kanji. 

​Belajar bahasa Jepang dasar seperti tata bahasa, pengucapan dan intonasi, huruf katakana, hiragana, dan kanji, serta percakapan-percakapan sederhana sangat penting untuk calon pelajar yang akan sekolah/kuliah di Jepang maupun yang akan bekerja di Jepang. Silahkan hubungi kami untuk sekolah/kuliah di Jepang dan belajar bahasa Jepang lebih  lanjut bersama PT TUMBUH GELORA PRESTASI.

reference
id.wikipedia.org/kanji
http://himasasjep.ub.ac.id/sejarah-kanji/


]]>
<![CDATA[Huruf Hiragana]]>Wed, 31 Oct 2018 03:46:37 GMThttps://kuliahdijepang.net/belajar-huruf-jepang/huruf-hiragana
Hiragana adalah salah satu cara penulisan bahasa Jepang dan mewakili sebutan suku kata. 
Pada awal perkembangannya, Hiragana tidak langsung diterima oleh rakyat Jepang. Cendekiawan dan kaum elite di Jepang saat itu, menolak untuk menggunakan huruf Hiragana dan hanya menggunakan huruf Kanji dan katakana saja. Selanjutnya, huruf Hiragana menjadi populer di kalangan kaum wanita Jepang yang pada saat itu tidak diperbolehkan mempelajari dan menggunakan huruf Kanji. Kepopuleran huruf hiragana di kalangan kaum wanita Jepang, membuat para sastrawan wanita menggunakan huruf ini sebagai alat untuk menggoreskan cerita mereka. Alasan ini-lah yang membuat pada saat itu huruf hiragana dikenal sebagai Onnade (女手),  yang berarti huruf wanita. Pada abad ke - 10 hiragana mulai digunakan secara luas dijepang

Berikut huruf hiragana:

Picture
japanese-lesson.com
​Belajar bahasa Jepang dasar seperti tata bahasa, pengucapan dan intonasi, huruf katakana, hiragana, dan kanji, serta percakapan-percakapan sederhana sangat penting untuk calon pelajar yang akan sekolah/kuliah di Jepang maupun yang akan bekerja di Jepang. Silahkan hubungi kami untuk sekolah/kuliah di Jepang dan belajar bahasa Jepang lebih  lanjut bersama PT TUMBUH GELORA PRESTASI.
]]>
<![CDATA[Huruf Katakana]]>Wed, 31 Oct 2018 02:41:39 GMThttps://kuliahdijepang.net/belajar-huruf-jepang/huruf-katakana
Katakana adalah salah satu daripada tiga cara penulisan bahasa Jepang. Katakana biasanya digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa asing yang sudah diserap ke dalam bahasa Jepang (外来語/gairaigo) selain itu juga digunakan untuk menuliskan onomatope dan kata-kata asli bahasa Jepang, hal ini hanya bersifat penegasan saja.

Katakana konsepnya sama seperti Hiragana, yaitu tiap karakter sama-sama mewakili suku kata. Suku-kata suku-kata yang diwakili pun sama persis, hanya saja bentuknya berbeda.
Berikut bentuk-bentuk huruf katakana;
Picture
japanese-lesson.com
Belajar bahasa Jepang dasar seperti tata bahasa, pengucapan dan intonasi, huruf katakana, hiragana, dan kanji, serta percakapan-percakapan sederhana sangat penting untuk calon pelajar yang akan sekolah/kuliah di Jepang maupun yang akan bekerja di Jepang. Silahkan hubungi kami untuk sekolah/kuliah di Jepang dan belajar bahasa Jepang lebih  lanjut bersama PT TUMBUH GELORA PRESTASI.
]]>