<![CDATA[KONSULTAN BELAJAR DAN BEKERJA DI JEPANG - Manfaat Sekolah Bahasa Jepang]]>Tue, 28 Jun 2022 03:55:38 +0700Weebly<![CDATA[Manfaat Sekolah Bahasa Jepang di Jepang]]>Thu, 15 Nov 2018 03:49:20 GMThttp://kuliahdijepang.net/10-manfaat-sekolah-bahasa-jepang-di-jepang/manfaat-sekolah-bahasa-jepang-di-jepangSebelum melanjutkan sekolah/kuliah di luar negeri, umumnya langkah awal siswa adalah dengan belajar/sekolah bahasa negeri tersebut terlebih dahulu. Begitu juga dengan melanjutkan sekolah/kuliah di Jepang, siswa harus mempelajari dan memahami terlebih dahulu bahasa Jepang. Belajar bahasa Jepang terbaik tentunya dilakukan langsung di negeri asal bahasa tersebut, Jepang. Dengan begitu selain berkomunikasi dengan guru/dosen, siswa juga bisa mempelajari bahasa Jepang langsung dengan orang-orang Jepang di sekitarnya. "Bisa karena terbiasa".

Sekolah bahasa Jepang dilakukan selama 2 tahun atau sampai siswa mempunyai kemampuan bahasa Jepang yang baik setara N2 atau N1. Jika siswa sudah mempunyai sertifikat keahlian bahasa setara N2, siswa baru bisa melanjutkan sekolah ke vocational school atau college, setara S1 atau S2 di Jepang sesuai kemampuan atau tujuan masing-masing siswa. Logikanya, bagaimana siswa akan menyerap pelajaran dari guru/dosen jika siswa tidak mengerti/memahami bahasa yang digunakan guru/dosen tersebut.
Berikut ini adalah 10 manfaat sekolah/belajar bahasa Jepang di Jepang:
1. Memperbanyak pilihan Universitas 
Jepang mempunyai banyak sekali universitas terbaik Tetapi, tidak semua universitas di Jepang menyediakan program internasional dimana pengantarnya menggunakan bahasa Inggris. Dengan bekal kemampuan bahasa Jepang yang baik maka siswa bisa memperbanyak pilihan masuk universitas dan jurusan kuliah.
2. Komunikasi dengan dosen dan teman kuliah lebih lancar
Seperti yang kami katakan di atas, bagaimana siswa akan menyerap pelajaran dari guru/dosen jika siswa tidak mengerti/memahami bahasa yang digunakan guru/dosen tersebut. Siswa yang sudah bisa berbahasa Jepang dengan baik akan lebih bisa menyerap materi kuliah yang diberikan dosen. Selain itu, jika siswa kurang paham akan materi kuliah siswa bisa saling tanya/ komunikasi dengan teman kuliah yang lebih paham. Walaupun sebagian dosen atau siswa bisa berbicara dengan bahasa inggris, namun mereka akan merasa lebih dekat dan bisa berkomunikasi lebih lancar jika siswa asing bisa berbahasa Jepang.
3. Memahami kuliah dengan baik
Kelancaran komunikasi dengan guru/dosen dan teman kuliah akan meningkatkan pemahaman mata kuliah yang dipelajarai. Untuk kuliah program reguler yang bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Jepang, minimal kemampuan bahasa yang diperlukan adalah setara level N2. Level N3, N4, dan apalagi N5 tidak mungkin dapat memahami memahami dengan akurat kuliah yang disampaikan dalam bahasa Jepang.
4. Honor Arubaito/kerja paruh waktu bisa lebih besar
Di Jepang banyak lowongan arubaito. Jenis pekerjaannya pun berbeda-beda begitu pula honor per-jam yang akan didapat. Ketika kemampuan berbahasa Jepang kita masih kurang, kita akan cenderung melamar pekerjaan yang hanya menggunakan otot. Bila menguasai bahasa, pekerjaan yang membutuhkan komunikasi dan ilmu pengetahuan pun akan bisa didapatkan dan honor yang didapat bisa lebih besar.
5. Komunikasi dengan atasan/bawahan dan rekan kerja lebih lancar
Bekerja dimanapun pasti tidak luput dari komunikasi dan koordinasi. Ketika komunikasi bisa berjalan lancar maka koordinasi bisa terjalin dengan baik. Tidak ada kesalahpahaman. 
6. Memperlebar peluang karir dan kemungkinan bisnis
Mempunyai kemampuan bahasa Jepang yang lancar akan meningkatkan peluang karir baik itu dengan bekerja di Jepang maupun bekerja di negeri sendiri. Di Indonesia banyak sekali berdiri perusahaan Jepang. Kemampuan berbahasa Jepang menjadi nilai keahlian / nilai plus apabila melamar pekerjaan di perusahaan Jepang di Jepang, apalagi di Indonesia. Dengan kemampuan berbahasa juga dapat meningkatkan peluang kerja sama bisnis. Komunikasi dengan rekan bisnis dari negara yang berbeda akan meningkatkan kerja sama.
7. Lebih banyak teman
Komunikasi merupakan salah satu kunci berteman. Mencari teman dilakukan dengan pendekatan dan pendekatan memerlukan komunikasi. Komunikasi lisan yang lancar akan membuka hati orang lain untuk menjadi teman, sahabat, bahkan tidak menutup kemungkinan untuk menjalin cinta dan kasih. Bukankah akan sangat keren jika mempunyai kekasih dari negara lain?:"D
8. Pertukaran Budaya
Mempunyai teman,sahabat atau pacar dari negara lain secara sadar maupun tidak pasti akan membicarakan tentang kebudayaan negara asal karena umumnya setiap negara pasti memiliki kebudayaan khas yang tidak dimiliki negara lain. Pertukaran kebudayaan ini menjadi hal yang menyenangkan untuk dibahas serta menambah ilmu pengetahuan.
9. Belanja bisa lebih hemat
Kebanyakan informasi periklanan di Jepang tertulis dalam huruf kanji. Begitu juga dengan informasi harga-harga diskon di toko-toko perbelanjaan. Jika memahami huruf kanji, maka bisa memanfaatkan harga-harga diskon sehingga menghemat belanja.
10. Bisa lebih menikmati Jepang
Dengan penguasaan bahasa Jepang yang baik, akan memudahkan dalam pencarian informasi melalui media kertas maupun online, observasi langsung di lapangan, serta langsung melalui orang setempat. Ketika semua dapat dilakukan, kita akan lebih menikmati kehidupan di Jepang ditambah dengan adat kebudayaan serta keindahan alam Jepang.

Tentunya manfaat sekolah/belajar bahasa Jepang di Jepang akan lebih banyak dan lebih terasa jika dijalani dan dirasakan langsung.

Untuk bisa sekolah/belajar bahasa Jepang di Jepang, hubungi kami!
]]>