<![CDATA[KONSULTAN BELAJAR DAN BEKERJA DI JEPANG - Kelebihan Belajar di jepang]]>Sat, 29 Aug 2020 13:36:59 +0700Weebly<![CDATA[Kelebihan Kuliah di jepang]]>Wed, 21 Nov 2018 06:50:52 GMThttps://kuliahdijepang.net/kelebihan-kuliah-di-jepang/kelebihan-kuliah-di-jepangDewasa ini, kemajuan teknologi terus-menerus berkembang pesat. Manusia menciptakan berbagai alat untuk mempermudah pekerjaan/kegiatan sehari-hari. Kemajuan teknologi melingkupi hampir semua bidang, seperti bidang otomotif, elektronik,​ kesehatan, olahraga, transportasi, pertanian, serta informasi, dll. Semua bidang tersebut berkembang pesat seiring luasnya imajinasi manusia yang menginginkan kepraktisan. Kemajuan teknologi tersebut secara tidak langsung juga memaksa masyarakat untuk juga lebih cerdas. Akan percuma alat diciptakan jika konsumen tidak bisa memakainya, kan? Masyarakat yang ingin menggunakan teknologi itu harus bisa mengoperasikannya. Dengan berkembangnya teknologi maka juga akan mengembangkan ilmu-ilmu baru.

​Perlu diketahui, kebanyakan teknologi baru diciptakan di luar negeri. Di negara-negara maju dengan sumber daya manusia yang maju pula. Jepang merupakan salah satu negara maju yang ada di dunia. Terlebih di bidang teknologi, sebut saja dibidang teknologi otomotif, Jepang mempunyai perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang otomotif dan diakui dunia seperti Honda, Yamaha, Kawasaki, Daihatsu, dan Toyota.
Picture
mainichi.jp
Di bidang elektronik, Jepang mengembangkan mesin robot yang nantinya dianggap akan membantu melayani manusia. Sudah banyak robot-robot yang diciptakan dan terus dikembangkan. Salah satu cafe di Jepang bahkan menggunakan robot sebagai pelayannya. Di bidang Animasi, Jepang merupakan salah satu negara pembuat animasi terbesar dimana animasi Jepang sudah tersebar luas di dunia. Sebut saja beberapa judul anime Jepang sangat terkenal seperti One Piece, Naruto, Bleach, Doraemon dll. Animasi Jepang yang disebut "anime" ini mempunyai ciri khas yang membedakan dengan animasi dari negara barat seperti Amerika. Selain teknologi, adat dan kebudayaan Jepang juga sangat beragam.   Jepang  merupakan negara dengan penduduk tertib dan teratur. Budaya antri tanpa harus dikoordinasi sudah mendarah daging. 
Dengan kemajuan teknologi seperti itu, bukankah Negara Jepang sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk melanjutkan studi? Berikut ini adalah beberapa kelebihan melanjutkan studi di Jepang:

1. Biaya awal kuliah di Jepang sama dengan atau bahkan lebih kecil dari total biaya kuliah di Indonesia

Kebanyakan orang berfikir kuliah di luar negeri itu mahal namun sebenarnya dimanapun biaya kuliah akan tergantung jurusan yang diambil. Jika dibandingkan kuliah di dalam negeri, kelengkapan fasilitas, kualitas sistem pendidikan, keahlian guru/dosen, serta kemajuan teknologi Jepang itu sendiri juga akan lebih menjamin akumulasi ilmu yang didapat.  Bisa dibilang apa yang didapat setara dengan apa yang dikeluarkan.

2. Bisa kerja paruh waktu / arubaito

Di Indonesia kebanyakan biaya sekolah/kuliah hanya dicover oleh orang tua atau sponsor lain yang sanggup membiayai kuliah. Atau dengan mengejar beasiswa seperti bidik misi. Bukan karena mereka malas untuk mencari pekerjaan untuk membiayai biaya sekolah/kuliah tapi memang di Indonesia sangat jarang ditemui pekerjaan dengan sistem paruh waktu. Kebanyakan pekerjaan di Indonesia menggunakan sistem kontrak. Jika ada pun, hasil yang didapat dari kerja paruh waktu belum tentu cukup untuk membiayai biaya sekolah/kuliah sendiri. Di Jepang, biaya sekolah dan biaya hidup dapat dicover dengan bekerja paruh waktu. Banyak sekali perusahaan, pabrik, mini market, cafe, restoran yang menerima pelajar untuk kerja paruh waktu dengan perhitungan honor per jam. Bahkan bukan tidak mungkin pelajar bisa memberikan sisa honor yang mereka dapat ke orang tua di rumah.

3. Belajar di negara maju

Jepang adalah salah satu negara maju di dunia. Budaya tradisional yang kental, kebiasaan tertib dan teratur masyarakat Jepang yang kuat, serta kemajuan teknologi Jepang yang canggih menjadikan negara ini salah satu negara terbaik untuk melanjutkan studi. 

4. Peluang besar bekerja di Jepang

Setelah lulus senmon gakko (setara D2/D3) atau lulus setara S1 di universitas Jepang, siswa berpeluang besar untuk bekerja di Jepang. Di Jepang, semakin tinggi pendidikan maka akan semakin tinggi pula gaji yang didapat atau setidaknya dengan sertifikat kelulusan universitas Jepang maka akan bisa memperoleh visa kerja dan mendapat gaji setara dengan gaji pekerja orang Jepang. Selain itu, kamu juga bisa mengajak keluarga inti (suami/istri/anak) untuk tinggal di Jepang.

5. Peluang karir di Indonesia 

Indonesia telah bekerjasama dengan Jepang dalam hal investasi perusahaan sehingga ada banyak perusahaan-perusahaan Jepang yang berdiri di Indonesia seperti Honda, Yamaha, Daihatsu, Suzuki dan Toyota serta perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang lain. Banyak perusahaan Jepang di Indonesia yang menawarkan gaji tinggi untuk lulusan sekolah Jepang. 

6. Pengembangan diri 

Dengan bersekolah sambil kerja part time  di Jepang, sadar atau tidak sadar siswa akan memperoleh pengalaman memanajemen diri sendiri yang akan sangat baik untuk pengembangan diri. Siswa dapat melatih mental mandiri, kerja keras, mengembangkan pola pikir, dan mendapat kemampuan manajemen uang, waktu, dan pikiran.

7. Menikmati keindahan 4 musim

Berbeda dengan Indonesia yang mempunyai 2 musim, Jepang berada di belahan dunia dengan iklim sub-tropis yang membuat negara ini memiliki 4 musim. Dengan belajar di jepang, kamu akan merasakan dan menikmati keindahan 4 musim di Jepang. Sakura di musim semi, dinginnya salju di musim dingin, perubahan warna dan bergugurannya daun-daun di musim gugur, serta menyengatnya matahari di musim panas. Bukan hanya menikmati apa yang alam berikan, di setiap musim di Jepang selalu ada festival, seperti pesta kembang api di musim panas, festival olahraga di musim gugur, dan masih banyak lagi.

8. Berteman dengan siswa asing lainnya

Siswa asing di Jepang bukan hanya dari Indonesia saja melainkan dari negara-negara lainnya seperti Korea, Thailand, Vietnam, negara-negara Asia lainnya, Eropa, Afrika, dan Amerika. Dengan pelajar yang datang dari berbagai negara ini akan sangat disayangkan jika kamu melewatkan berteman dengan mereka. Menambah teman artinya menambah koneksi, menambah peluang. 

9. Pertukaran budaya 

Belajar dan berteman dengan orang-orang dari negara lain pasti secara tidak langsung akan membicarakan mengenai budaya masing-masing. Jepang mempunyai beragam budaya seperti Indonesia yang juga dengan banyaknya suku yang mempunyai budaya dan adat sendiri. Pertukaran budaya akan menjadi topik pembicaraan yang menarik. Selain budaya Jepang, berteman dengan siswa asing dari negara lain juga akan menambah wawasan adat dan budaya negara asal teman kamu.
Wujudkan impian kamu untuk kuliah di Jepang bersama Tumbuh Gelora Prestasi! Segera konsultasikan dengan menghubungi kami!
Featured image @unsplash.com
]]>