<![CDATA[KONSULTAN BELAJAR DAN BEKERJA DI JEPANG - Program Tokutei Ginou / SSW Visa]]>Thu, 27 Aug 2020 19:56:05 +0700Weebly<![CDATA[Bekerja di Jepang dengan Visa Tokutei Ginou / SSW]]>Mon, 10 Feb 2020 03:36:14 GMThttps://kuliahdijepang.net/visa-tokutei-ginou/bekerja-di-jepang-dengan-visa-tokutei-ginou-ssw
Teman-teman pasti masih asing dengan Visa Tokutei Ginou/SSW?

Ya, memang jenis visa kerja di Jepang ini masih tergolong baru. Visa ini baru diresmikan tahun 2019 lalu. Tenang saja, visa ini benar-benar resmi kok.

Jadi, apa itu Tokutei Ginou /SSW? 

Tokutei Ginou secara harfiah memiliki arti “Specific Technical Skill Visa” atau “Visa Keahlian Khusus” atau sekarang dikenal dengan SSW (Specified Skilled Worker). Visa ini berbeda dengan Visa Shurou dimana visa Shurou adalah istilah umum yang mengacu pada berbagai jenis VISA Kerja di Jepang. Sedangkan visa Tokutei Ginou adalah visa bekerja dengan keahlian khusus. Jadi jangan sampai salah informasi ya...
Visa ini juga sangat berbeda dengan visa Magang (Technical Internship) dimana peserta bekerja di Jepang dengan status "Magang" bukan "Pekerja". 


Syarat utama untuk Tokutei Ginou/SSW Visa:
  1. Minimal usia 18 tahun, dan tidak ada batasan maksimal usia. Namun, TGP sendiri lebih mengutamakan peserta yang masih dibawah 40 tahun.
  2. Lulus JLPT N4 atau JFT-Basic A2
  3. Lulus Tes Skill atau Tes Bidang Kerja
  4. Lulus Interview dengan Kaisha/user/perusahaan Jepang 
  5. Lulus Medical Chek Up

Ada 14 bidang pekerjaan untuk Visa Tokuti Ginou/ SSW:
– Konstruksi bangunan
– Pertanian
– Pembuatan kapal dan mesin kapal
– Perikanan dan akuakultur
– Pembuatan bahan makanan dan minuman
– Perawat lansia
– Manajemen kebersihan gedung
– Restoran
– Penginapan dan hospitality
– Industri komponen dan perkakas mesin
– Industri permesinan
– Teknik listrik, ekektronik dan informasi
– Penerbangan
– Perbaikan dan pemeliharaan mobil

Apakah eks-kenshuusei / eks-jisshuusei bisa mendaftar?

Asalkan data-data ketika Kenshuusei atau Jishuusei dulu lengkap maka bisa mendaftar. Terutama data sertifikat penyelesaian program dari JITCO atau OTIT, CV & FORMULIR  CoE yang dikumpulkan ke Imigrasi Jepang ketika dulu mendaftar sebagai Kenshuusei atau Jishuusei. Eks kenshuusei / jisshuusei juga bisa mendaftar untuk bidang kerja yang berbeda dengan bidang kerja saat magang dulu yaitu dengan lulus tes skill bidang kerja yang ingin dimasuki. Dan yang paling PENTING, memiliki salinan data yang dulu dikumpulkan ke Imigrasi untuk mendaftar visa kenshuu/jisshuu sebelumnya. Data yang akan di-apply untuk TG, history data-data nya mesti SAMA dengan data-data yang dulu dikumpulkan untuk mendaftar visa kenshuusei atau jisshuusei (*).
Kalau, data-data nya ada yang berbeda dengan dulu ketika kenshuu atau magang, maka dikhawatirkan CoE Tokutei Ginou nya tidak akan turun, dan bisa dianggap pemalsuan data oleh imigrasi karena datanya berbeda dengan data yang sudah masuk imigrasi saat dulu menjadi kenshuusei/jisshuusei.

(*) Maksud sama di sini adalah seperti history kerja, pendidikan dll sebelum magang di Jepang harus sama, setelah itu bisa di tambahkan update pekerjaan sewaktu magang dan setelahnya. Kalau update data seperti status sekarang sudah menikah dulu belum, tidak sama pun tidak apa-apa atau alamat berubah karena pindah itu tidak apa-apa.

Perlu diketahui juga, kami tidak bisa membantu bagi yang pernah mengajukan visa NANMIN/PENGUNGSI.

Apakah bisa jika belum memiliki kemampuan berbahasa Jepang?

Pada dasarnya kemampuan bahasa itu sangat diperlukan jika ingin bekerja di negara lain yang berbeda bahasanya.  Begitu juga untuk bekerja di Jepang, kemampuan bahasa Jepang sangat diperlukan. Salah satu syarat utama Visa TG ini adalah dengan lulus/mempunyai sertifikat bahasa Jepang JLPT N4 atau JFT-Basic A2 sekalipun untuk eks-kenshuusei. Untuk sertifikat bahasa Jepang seperti NAT-Test dan J-Test tidak bisa digunakan untuk program ini. 

Bagi yang belum mempunyai kemampuan bahasa Jepang, silahkan mendaftar untuk ikut pelatihan bahasa di TGP. Click untuk informasi kontak pendaftaran! Bagi pemilik sertifikat JLPT N4 hingga N1 tidak harus mengikuti PELATIHAN BAHASA JEPANG di TGP, bagi yang belum punya bisa ikut kelas bahasa Jepang di TGP untuk target lulus JLPT N4 atau JTF Basic A2. Jika belum memenuhi persyaratan ini, maka belum bisa diurus eligibility nya walaupun sudah lulus tes bidang, interview dan medical check up.

Apakah TGP bisa mengajukan ke semua bidang kerja Tokutei Ginou?

Sebenernya bekerja di Jepang dengan VISA Tokutei Ginou/SSW berbentuk personal antara pekerja dan perusahaan user di Jepang (skema mandiri). Proses Job-Matching TG di Indonesia bagi peserta new-comer (peserta baru) diadakan melalui website KEMNAKER dan sangat terbuka juga transparan.
https://ayokitakerja.kemnaker.go.id/lowongan/ao 
Jadi jika peserta sudah memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk pengajuan maka peserta bisa mengajukannya di website tersebut secara mandiri sesuai bidang.

Kami juga bisa membantu pelatihan dan proses job matching, namun saat ini kami hanya bisa membantu untuk beberapa bidang saja. Kami sendiri masih berusaha keras untuk memperluas jangakauan bidang kerja dengan bekerja sama dengan mitra kami / Toroku Shien Kikan (Registered Support Organization) yang ada di Jepang agar nantinya kami bisa membantu proses job matching untuk semua bidang. Karena memang visa TG ini masih baru dan Tes Skill nya sendiri juga belum mencakup semua bidang. Tentunya mitra kami resmi dan berlisensi. Mitra kami juga akan membantu mengurus jika ada permasalahan di Jepang. Jadi, jangan khawatir.

Kapan di adakan Ujian Skill nya?

Mengingat kebutuhan pekerja asing di Jepang yang mencapai kurang lebih 400.000 pekerja, untuk saat ini jadwal skill TG di Indonesia masih sering diadakan, dalam satu bulan bahkan bisa sampai 15 hari terjadwal. Saat ini ujian skill masih terbatas pada beberapa bidang kerja seperti Keperawatan, Pengolahan Makanan & Minuman, Pertanian, dan Peternakan dan pasti menyusul bidang-bidang kerja yang lain. Jadwal ujian JFT-Basic dan ujian skill akan terus kami update baik di website atau di fanpage facebook atau instagram kami. Biaya tes skill ini berbeda-beda untuk setiap bidangnya. Untuk lokasi ujian saat ini masih di Jakarta, tepatnya di Mall of Indonesia dan Universitas Gunadarma. Update, lokasi lainnya ada di Surabaya.

Namun, mohon diingat bahwa lulus tes kemampuan bahasa dan tes bidang tidak menjamin kamu pasti bisa kerja ke Jepang dengan visa ini. Kamu juga mesti lulus interview dengan perusahaan di Jepang dan medical check up. Setelah semua prosedur sudah dilalui dan pengurusan eligibility selesai dan visa terbit, maka bisa kerja ke Jepang dengan visa ini.

Berapa biaya yang diperlukan untuk Tokutei ginou / SSW Visa?

Untuk proses Tokutei Ginou pun tidak memerlukan biaya yang banyak (kecuali untuk biaya tes JLPT/JFT-Basic, tes skill bidang TG, medical check-up, paspor dll).
Bagi yang sudah lulus minimal JLPT N4/JFT-Basic A2 dan sudah lulus tes skill bidang TG. Kami hanya memungut untuk penerjemahan dokumen dan job-matching saja dengan biaya yang kecil pula. 

Untuk new-comers, biaya total kurang lebih hanya sekitar 20 juta rupiah saja. Sudah termasuk biaya Pelatihan Bahasa sampai lulus JLPT N4 atau JFT-Basic, Pelatihan Ketrampilan Tokutei Ginou/SSW dan Kaiwa Wawancara, Penerjemahan Dokumen dan Job Matching, Tiket Pesawat, dan Pengurusan Visa. 

Apa sih keuntungan Visa Tokutei Ginou/SSW ini?

Ada beberapa keuntungan yang didapat dari Tokutei Ginou/SSW Visa ini :
  • Biaya lebih murah
  • Kontrak Maksimal 5 tahun
  • Bisa pindah perusahaan dengan bidang kerja yang sama
  • Mendapat tunjangan-tunjangan langsung dari perusahaan, seperti tunjangan shift malam, makan, transport, dll.
  • Mendapatkan tunjangan bonus tahunan dari perusahaan (nilai bonus tergantung kebijakan perusahaan, ada yang memberi bonus 2 atau 3 kali dalam setahun)


Untuk itu segera hubungi kami untuk pendaftaran Program Tokutei ginou/SSW Visa. Informasi tentang TG Visa bisa teman-teman update juga di website kami yang lainnya di www.tokuteiginouindonesia.com dan media sosial kami atau hubungi kami.
]]>